Statistiche web Cara Mengatasi Layar LCD Hp Bercak Kuning - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar LCD Hp Bercak Kuning

Cara Mengatasi Layar LCD Hp Bercak Kuning

Rafidh Cell - Anda mungkin pernah mengalami, ketika bangun tidur mendapati layar ponsel anda ada yang aneh, tiba-tiba muncul bintik kuning di layar. Anda mungkin akan merasa keheranan karena sebelum anda tertidur, layar ponsel dalam keadaan normal dan baik-baik saja. 

Bintik/Spot Kuning di layar smartphone anda ini tentunya akan membuat anda merasa khawatir, bagaimana kalau bintik kuning-nya semakin meluas, bagaimana kalau bintik kuning-nya tidak bisa hilang?, pertanyaan-pertanyaan itu mungkin muncul di benak anda. Kekhawatiran yang anda rasakan itu tentunya sebuah hal yang wajar, karena bagaimanapun juga, tampilan layar yang jernih, bersih, enak dilihat merupakan hal di inginkan semua orang.

Apakah Anda menemukan bintik-bintik kuning di layar ponsel Anda?, Jika iya, maka anda sudah tepat berada disini. Karena disini rafidhcell akan mengupas habis penyebab dan solusi untuk mengatasi layar ponsel yang mengalami spot/bintik kuning.

Berikut ini Penyebab dan cara Mengatasi Layar Ponsel Bintik Kuning

Penyebab layar ponsel Muncul Bintik/Spot Kuning

Smartphone terbaru tidak kebal terhadap masalah ini. Pengguna perangkat dari merek seperti Apple, Xiami, Huawei, Oppo, Vivo dan Samsung hampir semua pernah mengalaminya. Ponsel yang telah digunakan selama dua tahun atau lebih dapat mengalami kerusakan layar seperti itu.

Bintik-bintik kuning di layar ponsel bisa ada di permukaan apa pun. Karena itu, disarankan untuk memeriksa gadget dengan cermat saat membeli. Umumnya kerusakan ini terlihat pada latar belakang putih, seperti, saat anda membuka foto berlatar belakang putih. Intensitas cacat pada layar ponsel dapat berbeda-beda terkadang terlihat seperti sedikit penggelapan pada layar yang mendekati warna kecoklatan. Terkadang juga terlihat ada titik terang yang terasa seperti minyak atau lem tumpah di bawah kaca.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan layar ponsel anda muncul Bintik/Spot Kuning antara Lain

  • Ponsel Terbentur Benda Keras
  • Ponsel Terjatuh
  • Ponsel Tertindih benda berat
  • Ponsel Terkena tekanan di bagian layar
  • Baterai Kembung Hingga menyebabkan layar LCD terdorong kedepan/ke atas
  • Layar Lcd terpapar panas yang berlebih
  • Overheat pada mesin 
  • Cacat dari pabrikan
Beberapa hal diatas dapat menyebabkan layar LCD smartphone anda muncul bintik kuning, Atau mungkin juga ada hal lain yang menyebabkan hal tersebut.

Bagaimana cara mengatasi bintik kuning dari layar ponsel?

Deteksi spontan bintik kuning

Dalam metode ini, kita memerlukan program khusus (seperti Screen Fix Deluxe hanya untuk smartphone). Program ini meluncurkan perubahan warna piksel berkecepatan tinggi di area yang diinginkan. Terkadang, ini dapat membantu menghilangkan titik kuning pada layar ponsel, tetapi ini mungkin tidak menyelesaikan kejadian berulang dari kegagalan fungsi pabrik pada layar ponsel.

Bintik-bintik kuning karena smartphone terlalu panas

Jika cacat ini disebabkan oleh suhu tinggi, Anda dapat mendinginkan perangkat untuk mengubah efeknya. Untuk ini, Anda perlu mematikan perangkat dan memasukkannya ke dalam kantong kedap udara. Sekarang letakkan di lemari es. Metode ini membantu tetapi ada satu peringatan suhu di dalam ruangan harus dijaga setidaknya +8 derajat Celcius untuk mengatasi masalah ini.

Cacat manufaktur

Noda apa pun yang diakibatkan oleh cacat produksi dapat terjadi selama perakitan layar dan seringkali terlihat seperti noda yang disebabkan oleh masuknya uap air. Pabrikan mungkin telah memilih panjang sekrup yang salah. Karena itu, mereka bersandar pada bagian belakang layar dan dapat menyebabkan film terkompresi secara bersamaan.

Bintik ini ditampilkan dalam bentuk oval dan tidak berubah pada sudut kemiringan yang berbeda. Dengan prinsip yang sama, noda terbentuk dari masuknya benda asing di luar seperti pasir.

Terkadang, setelah ponsel cerdas atau tablet mendingin, bentuknya tidak lagi seperti aslinya dan noda dapat terbentuk sebagai pengganti panas berlebih. Paling sering, bintik-bintik dari kepanasan muncul di ujung layar dan dapat menimbulkan warna kuning. Bintik ini tampak lebih gelap di tengah dan menjadi lebih cerah lebih dekat ke tepinya.

Setelah kita menyimak beberapa penjelasan diatas. Perlu dicatat bahwa metode yang telah dijelaskan di diatas tadi tidak cocok jika kerusakan tersebut disebabkan oleh kerusakan mekanis. Untuk kasus seperti itu, Baiknya anda membawa ke tempat service terdekat di kota anda.

Berapa Biaya Perbaikan Layar Lcd ponsel yang mengalami Bintik Kuning?

Untuk biaya perbaikan layar dengan kerusakan bintik kuning yang disebabkan hal teknis seperti bekas terbentur, retak layar depan dan hal teknis lainnya, tentu akan berbeda antara tempat service yang satu dengan yang lainnya. Namun yang jelas, biayanya tidak akan semahal di banding anda membawanya ke service center,  mungkin sekitar separuh harga dari harga lcd fullset di service center.

Layar lcd yang mengalami retak kaca depan kemudian muncul bintik kuning, itu bisa dihilangkan bintik kuningnya asalkan di kerjakan oleh teknisi yang sudah berpengalaman dan punya alat repair layar yang lengkap.

Beberapa alat repair layar yang dibutuhkan  antara lain :
  • Glass/Touchscreen digunakan untuk mengganti part yang retak/pecah
  • Lem Oca/kering digunakan untuk menempelkan lcd dan glas / touchscreen
  • Kawat Pemisah Untuk memisahkan/membelah Glass/Touchscreen dengan LCD
  • Separator  Untuk memanaskan layar lcd agar mudah saat proses pembelahan 
  • Cairan Pembersih lem OCA digunakan untuk membersihkan lem oca yang menyatukan LCD dengan Glass/Touchscreen
  • Alat Laminating digunakan untuk menghisap gelembung ketika proses penyatuan LCD dengan Glass/Touchsreen.( optional )
  • Bubble remover digunakan untuk menghilangkan gelembung secara total agar hasilnya sempurna
  • Pompa/kompresor digunakan untuk memompa udara ke mesin Bubble remover
Dengan berbagai macam alat yang digunakan teknisi untuk mengatasi permasalahan bintik kuning pada layar ponsel, maka tak heran biaya yang harus anda keluarkan juga sedkit mahal, karena untuk pembelian alat-alat perbaikan layar tersebut, teknisi setidaknya keluar modal 8 jutaan, selain itu, resiko yang harus di tanggung teknisi juga sangat besar, dan kemungkinan tingkat keberhasilannya hanya sekitar 50:50. Tidak ada teknisi yang berani menjamin keberhasilan 100%.

Walaupun biayanya sedikit mahal,Hal itu tentunya sebanding dengan yang anda dapatkan. Selain bintik kuning pada layar ponsel anda hilang, LCD yang anda gunakan juga masih asli(original), karena hanya layar depannya saja yang diganti. Perlu anda ketahui, semahal apapun LCD KW yang ada di pasaran, kualitasnya tetap akan kalah dengan LCD yang Asli original bawaan pabrik.

Artikel Terkait : 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar LCD Hp Bercak Kuning"