Statistiche web Kenali Penyebab Bercak Putih pada Layar LCD HP dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Penyebab Bercak Putih pada Layar LCD HP dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah

Kenali Penyebab Bercak Putih pada Layar LCD HP dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah

Seperti yang kita ketahui, layar LCD merupakan salah satu komponen terpenting pada HP Android karena merupakan tempat kita melihat segala hal yang ada di dalam ponsel kita. Layar LCD ponsel Android memberikan tampilan visual yang jelas dan detail, serta dapat menampilkan gambar dengan kualitas tinggi.

Namun, ketika ada bercak putih seperti panu pada layar LCD HP Android, hal tersebut dapat sangat mengganggu aktivitas kita ketika menggunakan ponsel. Bercak putih ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas, atau karena faktor-faktor tertentu seperti kerusakan hardware atau cairan yang masuk ke dalam ponsel.

Sebagai pengguna ponsel Android, noda putih pada layar LCD ponsel Android pasti akan mengganggu aktivitas kita ketika mengoperasikan ponsel. Maka dari itu, kita perlu segera memperbaiki HP agar bisa menghilangkan noda putih pada layar LCD Android yang kita miliki. Noda putih ini biasanya terlihat lebih terang dibandingkan area sekitar, dan akan terlihat jelas ketika layar sedang membuka tampilan warna putih.

Berikut ini beberapa penyebab noda putih layar LCD : 

Terkena cairan

Cairan seperti minyak kayu putih, air, minuman atau cairan lain yang tumpah atau menyebabkan masuk ke dalam ponsel, bisa merusak bagian dalam ponsel termasuk layar LCD. Bercak putih muncul pada layar LCD karena adanya kerusakan di bagian dalam layar akibat cairan tersebut.

Terdapat benda yang mengganjal di balik LCD

Kejadian seperti ini biasanya di akibatkan oleh pergantian LCD yang kurang rapi, Pemasangan yang tidak hati-hati atau kasar pada ponsel dapat menyebabkan benda asing seperti tatakan lcd yg terlipat, lem, atau partikel lain menempel pada bagian belakang layar LCD. Benda-benda ini bisa mengganggu kinerja dan menyebabkan munculnya noda putih pada layar LCD.

Pemasangan Scrub/baut di balik LCD yang terlalu panjang

Pemasangan scrub atau baut yang terlalu panjang dapat membuatnya menekan bagian dalam layar LCD, sehingga dapat  menimbulkan noda putih pada layar LCD. Jika munculnya noda putih ini setelah handphone dilakukan perbaikan, bisa jadi bau kepanjangan lah penyebabnya.

Terjatuh atau Tertindih

Ponsel yang terjatuh atau tertindih dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam ponsel termasuk layar LCD. Bercak putih pada layar LCD dapat muncul akibat kerusakan yang disebabkan oleh benturan atau tekanan berlebihan.

Munculnya noda putih pada layar LCD ponsel bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti di atas, dan sebaiknya segera diperbaiki agar tidak semakin parah dan mengganggu penggunaan ponsel. Jika saat ini anada sedang mencari solusi cara menghilangkan noda putih pada layar LCD, maka anda sedang berada ditempat yang tepat, karena disini rafidhcell akan memberikan beberapa solusi yang dapat anda lakukan sendiri.

Berikut ini cara menghilangkan Noda Putih pada layar LCD smartphone 

1. Jika penyebab noda putih adalah karena terkena air, maka solusinya adalah :

Bongkar Lcd dari frame nya, kemudian lepaskan secara perlahan-lahan menggunakan tools pembuka LCD (mika). Setelah LCD terlepas dari frame, lepaskan bagian belakang LCD secara pelan-pelan, kemudian ganti lapisan di dalam LCD yang terkena air menggunakan lapisan dari LCD bekas yang berukuran sama. pasang kembali dan rapikan lagi.

2. Jika penyebab noda putih adalah karena terdapat kotoran yang mengganjal LCD, solusinya :

Bongkar Lcd dari frame nya, kemudian lepaskan secara perlahan-lahan menggunakan tools pembuka LCD (mika). Setelah LCD terlepas dari frame, bersihkan bagian atas frame tempat dudukan LCD,. Bersihkan sampai benar-benar bersih dan rata, jika perlu lakukan pengamplasan. Setelah dirasa bersih dan rata, pasang kembali LCD kedalam frame, kemudian lakukan pengeleman secukupnya. Biasanya Noda Putih ini akan hilang secara perlahan (tidak langsung hilang).

3. Jika penyebab noda putih adalah karena scrub / baut kepanjangan, maka solusinya adalah :

Bongkar backdoor belakang, kemudian lepaskan semua scrub / baut. gantilah scrup dengan yang berukuran pendek. Coba nyalakan lagi handphone nya, apakah noda putih sudah berkurang, jika iya, maka segera pasang lagi backdoornya. Biasanya Noda Putih ini akan hilang secara perlahan (tidak langsung hilang).

4. Jika penyebab noda putih adalah karena jatuh atau tertindih, maka solusinya adalah :

Ganti Dengan LCD yang baru. Karena noda putih akibat benturan ada kerusakan panel ataupun rangkaian chip pada LCD. Jadi Solusinya adalah ganti dengan LCD yang baru.

Sebaiknya, hindari untuk memperbaiki masalah layar LCD hp sendiri karena bisa memperparah kondisi ponsel Anda. Lebih baik bawa ke tempat servis resmi atau tukang servis terpercaya untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa ponsel Anda berfungsi dengan baik dan layar LCD-nya tetap terjaga kualitasnya.

Posting Komentar untuk "Kenali Penyebab Bercak Putih pada Layar LCD HP dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah"