Statistiche web Cara Mudah Menghilangkan Noda Hitam atau Tompel Layar LCD Smartphone - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menghilangkan Noda Hitam atau Tompel Layar LCD Smartphone

Noda Hitam atau Tompel Layar LCD Smartphone

Seperti yang kita tahu bahwa layar LCD merupakan salah satu bagian terpenting di HP Android, namun apa jadinya jika muncul noda hitam pada layar lcd hp android yang kita miliki ?. Sebagai pengguna ponsel Android, noda hitam pada LCD ponsel Android pasti akan mengganggu aktivitas kita ketika mengoperasikan hp. Maka dari itu kita perlu segera memperbaiki hp agar bisa menghilangkan titik hitam pada LCD android yang kita miliki.

Namun sebelum kita mencoba menghilangkan noda hitam pada layar lcd hp atau tablet, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab munculnya noda hitam pada layar LCD HP Android yang kita miliki. Hal ini dikarenakan menghilangkan noda hitam pada layar LCD android berbeda dengan ketika kita memperbaiki layar sentuh android error atau lcd android yang terdapat bercak kuning. Biasanya faktor yang menjadi penyebab LCD android ada noda hitam atau yang biasa disebut Tompel adalah karena LCD hp android mengalami kebocoran. Namun, selain bocornya LCD di Android, faktor seperti karena benturan benda keras, Layar tertindih dan juga layar yang retak dapat menyebabkan munculnya titik-titik hitam atau noda pada layar LCD ponsel Android.

Baca Juga 5 Merk LCD KW Terbaik untuk Mengganti LCD Smartphone Rusak di Tahun 2023

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini rafidhcell akan mencoba berbagi tips menghilangkan noda hitam pada layar hp android. Pada dasarnya bintik-bintik, tompel atau noda hitam yang muncul di layar HP Android disebabkan oleh kebocoran pada LCD HP Android. Tompel hitam berbentuk lingkaran atau semacamnya yang terdapat pada layar LCD smartphone berasal dari udara yang masuk ke dalam cairan di dalam layar. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak langkah-langkah mengatasi noda hitam atau tompel pada lcd hp android secara lengkap dibawah ini :

Tips menghilangkan noda hitam pada layar LCD ponsel Android

Disini rafidhcell akan mencoba membagikan cara / tips untuk menangani permasalahan noda hitam atau tompel yang terdapat pada layar LCD smartphone, berdasarkan pengalaman yang sudah pernah kami tangani sebelumnya. Sebelum anda mencoba mempraktekkan tips yang kami bagikan ini, perhatikan dulu tingkat nodanya. Karena semakin besar noda hitam tersebut maka semakin lama pula proses pengerjaanya.Berikut langkah-langkah menghilangkan noda hitam pada layar LCD smartphone Android yang bisa anda praktekkan :

Alat Untuk menghilangkan noda hitam di layar LCD smartphone

Sebelum kita melangkah ke proses penghilangan noda hitam pada LCD, anda harus mempersiapkan alat-alat seperti di bawah ini :
  1. Persiapkan alat bubble remover dan kompresor atau pompa angin. Alat inilah yang akan kita gunakan untuk menghilangkan tompel pada layar LCD.
  1. Yang kedua siapkan alat separator dan kawat pemisah LCD Touchscreen.


Lankah-Langkah menghilangkan noda hitam di layar LCD smartphone

  • Lepaskan LCD dari frame, lakukan secara hati-hati
  • Panaskan LCD diatas separator dengan suhu 70-75 derajad celcius. Gunakan kawat pemisah yang bagus agar tidak mudah putus.Usahakan proses pemisahan kurang dari 1 menit, karena kalau LCD terlalu lama diatas separator bisa muncul bercak kuning. Dan usahakan lapisan polarizer jangan sampai ikut terkelupas.
  • Setelah LCD berhasil di pisahkan dari touchscreen, bersihkan sisa lem OCA secara perlahan.
  • Silahkan coba test LCD terlebih dahulu, apakah LCD masih seperti keadaan semula. Karena di khawatirkan terjadi insiden saat proses pemisahan. Setelah dipastikan semuanya aman, silahkan lepas kembali LCD nya.
  • Masukkan LCD ke dalam bubble remover, kemudian tutup dengan rapat. Lalu ambil pompa angin, kemudian isi bubble remover dengan tekanan angin kisaran 100 PSI.
  • Letakkan bubble remover diatas mesin separator menggunakan suhu 70 derajad celcius, biarkan kurang lebih sekitar 30-60 menit. (Atau kalau anda punya cukup waktu, Tidak perlu di panaskan dengan separator juga bisa. Biarkan LCD di dalam bubble remover semalaman atau sekitar 12 jam.)
  • Dinginkan dulu bubble remover. Setelah dirasa sudah dingin, buanglah angin di dalam bubble remover melalui pentil.
  • Kemudian buka bubble remover, lalu ambil LCD dan coba test kembali.
  • Apabila noda hitam ternyata masih ada sedikit sisa, ulangi lagi prosesnya. Terkadang bisa sampai 2x atau 3x Noda Hitam baru bisa hilang sepenuhnya.
  • Setelah noda hitam pada LCD benar-benar bersih, Satukan lagi LCD dengan touchscreen-nya. Anda bisa menyatukannya dengan touchscreen yang lama atau ganti saja dengan yang baru.
Demikian tadi artikel tentang "Cara Mudah Menghilangkan Noda Hitam atau Tompel Layar LCD Smartphone", Semoga bermanfaat!

Untuk Mengatasi Bercak / Node Putih Pada LCD, Silahkan Baca Solusinya DISINI
Untuk Mengatasi Bercak / Node Kuning Pada LCD, Silahkan Baca Solusinya DISINI

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menghilangkan Noda Hitam atau Tompel Layar LCD Smartphone"