Statistiche web Hp Masuk Air? Tak Perlu Panik, Ini Solusinya - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hp Masuk Air? Tak Perlu Panik, Ini Solusinya

 

Hp Masuk Air? Tak Perlu Panik, Ini Solusinya

Setiap barang elektronik seperti halnya smartphone, pasti tidak lepas dari beberapa masalah. Yang paling umum dan sering kali  terjadi yaitu terjatuh ataupun kemasukan air. Ponsel yang terkena atau kemasukan air tentu akan membuat si pemilik was-was, karena air yang masuk ke bagian dalam ponsel bisa berpotensi merusak komponen yang ada di dalam ponsel tersebut. Bahkan kemungkinan terburuknya bisa mengakibatkan ponsel menjadi mati total dan tidak bisa dipergunakan lagi

Jika saat ini anda sedang mengalami kejadian ponsel terkena air / kemasukan air, jangan cemas dan panik! Ada beberapa cara untuk mengatasi HP kemasukan air yang bisa kamu coba sebelum membawanya ke tempat servis. Pada postingan ini, Rafidhcell sudah menghimpun berbagai macam cara dan panduan lengkap untuk mengatasi hp yang kemasukan air, baik yang baterai tanam maupun ponsel yang menggunakan baterai removable.

Cara Mengatasi HP Kemasukan atau Kerendam Air

Jika Hp yang kemasukan air tidak segera mendapatkan tindakan yang tepat, tentu bisa mengalami kerusakan parah, terutama untuk ponsel yang menggunakan baterai tanam. Beberapa kerusakan ponsel yang diakibatkan oleh kemasukan air antara lain layar muncul bercak putih, layar sentuh error / gerak-gerak sendiri, speaker mati, mic mati, kamera gagal dan lain-lain. Untuk tindakan awal yang bisa anda lakukan, anda bisa mencoba cara-cara yang kami sajikan di bawah ini untuk mengatasi ponsel yang terkena atau kemasukan air.

1. Segera Angkat HP dari Dalam Air

Air dapat masuk dengan mudah ke dalam komponen ponsel melalui celah-celah sempit seperti lubang headset atau lobang cas / charger. Jika ponsel anda terjatuh ke dalam genangan air, tentunya hal pertama yang wajib anda lakukan adalah langsung mengangkat ponsel dari dalam air sesegera mungkin. Kemudian anda bisa mengelap permukaannya dengan kain ataupun tisu kering. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari kemungkinan semakin banyak air yang merembes masuk ke dalam ponsel. 

2. Matikan Hp dengan segera

Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya adalah segera matikan daya ponsel anda.Jika saat terkena air ponsel anda dalam kondisi menyala / hidup, segeralah ,matikan daya ponsel anda. Jangan coba-coba untuk menyalakannya dulu sebelum anda memastikan bagian mainboardnya sudah benar-benar tidak ada airnya. 

Kebanyakan orang yang panik akan segera menghidupkan telepon untuk memeriksa apakah telepon masih  berfungsi normal dan tidak rusak parah oleh air. Jika terkena atau terendam air, kemungkinan  air telah masuk ke  beberapa bagian ponsel. Oleh karena itu, jika Anda segera menyalakannya , yang ditakutkan adalah terjadinya konsleting arus listrik. 

3. Copot / Lepaskan Baterai

Langkah berikutnya, segera lepaskan baterai. Jika ponsel anda menggunakan baterai removable, tentu anda akan dapat dengan mudah melepasnya, tapi jika ponsel anda menggunakan baterai tanam / non removable, anda bisa segera meminta bantuan ke orang lain yang sudah terbiasa membongkar baterai tanam. Langkah ini harus anda lakukan dengan secepat mungkin, karena komponen ponsel yang terkena air tidak boleh teraliri arus listrik.

4. Keringkan Seluruh Komponen Bagian HP

Langkah selanjutnya adalah keringkan semua bagian ponsel baik luar maupun dalam. Yang pertama harus kamu pastikan kering dari air adalah bagian mesin / mainboradnya, karena bagian inilah yang paling rentan rusak jika terkena air. hal itu dikarenakan bagian mainbord ada aliran listrik yang mengalir. Anda bisa membersihkan mainboard HP menggunakan sikat gigi bekas yang diberi Cairan IPA ataupun Tiner A Patikan mesin HP benar-benar bersih dan terbebas dari air. 

Caranya yaitu lepaskan semua soket yang ada termasuk soket baterai, LCD, SOket charger, Fleksible On/Off dan volume, soket kamera dll. Untuk modul kamera yang sudah dilepas cukup angin-anginkan saja tidak usah di apa-apakan. 

Untuk bagian mesin bersihkan menggunakan sikat gigi yang di beri cairan IPA atau Tiner A. Sikat secara perlahahan dan merata (pelan saja) .Kemudian keringkan menggunakan kipas angin atau dijemur dibawah sinar matahari. Jika anda mempunyai blower, anda bisa menggunakan blower dengan settingan panas 1 dan angin 4. Blower mainboard sampai benar-benar kering. Jika mainboard hp tidak benar-benar kering, maka bisa saja kedepan akan ada masalah lagi di kemudian hari, entah itu sinyal, kamera, audio dll.

Komponen lain yang wajib anda pastikan sudah bersih dan kering dari air adalah layar LCD / Touchscreen. Seperti halnya mainboard HP, komponen LCD juga di aliri tegangan listrik bahkan sangat besar yaitu antara 20-30Volt DC. Aliran sebesar itu merupakan tegangan yang digunakan untuk menyalakan lampu layar  LCD, tegangan tersebut dihasilkan dari Step-Up yang terdapat pada rangkaian mesin HP.

LCD berisi filamen lunak dan umumnya tidak tahan pada kelembaban air. Dan jika dibiarkan basah terlalu lama bisa muncul titik atau flek putih seperti PETA di bagian layar LCD ponsel. Jika bercak putih sudah terlanjur ada pada layar LCD, maka untuk menghilangkannya anda harus mengganti lapisan yang terdapat di dalam LCD tersebut.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari Ketika HP Kemasukan Air

1. Langsung Menyalakan HP
2. Menyambungkan HP dengan Charger
3. Meniup HP Sehingga Air Menjadi Semakin Masuk ke Dalam
4. Terlalu Banyak Menggerakkan HP
5. Memasukkan HP ke Dalam Beras

Demikian penjelasan tentang beberapa cara mengatasi HP kemasukan air supaya tidak menimbulkan kerusakan yang semakin parah. Setelah kamu melakukan cara-cara di atas dan yakin ponsel sudah benar-benar kering, baru pasang kembali beberapa komponen yang dilepaskan coba nyalakan ponsel anda. Namun jika ternyata ponsel anda tidak mau menyala, atau mungkin ada beberapa komponen yang rusak terbakar / gosong, segera bawa ke tempat servis terdekat untuk diperbaiki.

ARTIKEL TERKAIT


Posting Komentar untuk "Hp Masuk Air? Tak Perlu Panik, Ini Solusinya"