Statistiche web Mengatasi Masalah "Fastboot Partition (init_boot) Not Found" - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Masalah "Fastboot Partition (init_boot) Not Found"

 

"Fastboot Partition (init_boot) Not Found"

Apakah kamu mengalami masalah "Fastboot partition (init_boot) not found" di perangkat Androidmu? Masalah ini bisa sangat menjengkelkan, terutama ketika kamu mencoba mem-flash firmware atau melakukan perubahan pada tingkat sistem menggunakan alat Fastboot. Fastboot adalah protokol penting bagi pengembang dan pengguna Android yang lebih mahir, menyediakan cara untuk berinteraksi dengan bootloader, mem-flash ROM kustom, dan melakukan tugas-tugas lanjutan lainnya. Namun, ketika dihadapkan pada kesalahan "init_boot", operasi ini menjadi tidak mungkin dilakukan, dan kamu akan mencari solusinya.

Dalam artikel ini, rafidhcell akan mencoba membimbing kamu melalui proses memperbaiki kesalahan "Fastboot partition (init_boot) not found". Dengan mengikuti instruksi langkah demi langkah dari rafidhcell ini, kamu akan dapat menyelesaikan masalah ini dan kembali menggunakan perangkat Androidmu tanpa batasan apa pun. Kami akan membahas penyebab umum kesalahan ini, solusi potensial, dan beberapa tindakan pencegahan untuk mencegah terjadinya masalah di masa depan. Mari kita langsung mengatasi masalah ini dengan tepat!

Sebelum kita langsung menuju langkah-langkah pemecahan masalah, penting untuk memahami mengapa kesalahan ini terus muncul di ponselmu. Jadi, jika kamu terus membaca untuk pembaruan baru di ruang pengembangan khusus Android, kamu akan tahu bahwa versi terbaru sistem operasi - Android 13 - telah membawa beberapa perubahan besar pada proses rooting yang biasanya kita lakukan. Ponsel yang dilengkapi Android 13 seharusnya memiliki init_boot yang dipasang melalui Magisk, bukan file boot.img. Demikian juga, bukan partisi boot biasa, file init yang sudah dipatch harus diflash di partisi init_boot-nya sendiri.

Perubahan pada Android 13 dapat memicu kesalahan partisi (init_boot) tidak ditemukan. Di bagian selanjutnya, kami akan membimbing kamu melalui sejumlah cara untuk menghilangkan kesalahan ini sehingga kamu dapat dengan mudah mendapatkan akses root pada ponsel Androidmu.

Fastboot Partition (init_boot) Not Found - Berikut Cara Memperbaikinya

Berikut kami telah merangkum daftar solusi efektif untuk memperbaiki kesalahan ini. Coba solusi ini pada ponselmu dengan urutan yang sama seperti yang tertera di sini, dan masalah seharusnya teratasi. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pemecahan masalah.

1. Pastikan Anda Mengikuti Persyaratan Ini

Rooting ponsel tidaklah sulit selama Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat. Namun, satu langkah yang salah bisa menimbulkan masalah besar. Jadi, sebelum Anda mencoba untuk meroot ponsel Anda lagi, pastikan Anda memiliki persyaratan berikut.

Pertama, Anda harus memiliki file biner ADB dan Fastboot resmi yang disediakan oleh Google di komputer Anda. Selanjutnya, pastikan bahwa file init_boot.img ditempatkan di dalam folder platform-tools. Juga, pastikan opsi USB Debugging dan OEM Unlocking diaktifkan dari dalam pengaturan Pengembang. Selanjutnya, perangkat harus di-boot ke Mode Fastboot dan dapat dikenali oleh PC dalam mode ini.

2. Verifikasi File init_boot.img dan Nomor Versi init_boot

Orang sering membuat kesalahan dengan memilih file boot.img bawaan. Meskipun ini mungkin terdengar cukup jelas, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan file init_boot.img dari firmware bawaan, bukan file boot.img bawaan.

Anda mungkin akan melakukan kesalahan pada perangkat Anda jika Anda mengekstrak file init_boot dari firmware yang lebih lama atau lebih baru. Sebaiknya, Anda harus mengunduh firmware yang sama dengan yang terpasang di perangkat Anda untuk mengekstrak file init_boot.img darinya. Buka aplikasi "Pengaturan" di ponsel Anda dan ketuk "Tentang Ponsel" untuk mendapatkan nomor build. Selanjutnya, unduh firmware dengan nomor build yang sama dari situs resmi.

Flash init_boot ke Partisi init_boot

Anda harus memverifikasi file init_boot.img ke partisi init_boot daripada partisi boot. Tidak tahu cara melakukannya? Tidak masalah, cukup gunakan perintah di bawah ini untuk melakukannya.

fastboot flash init_boot init_boot.img

Itulah cara Anda dapat memperbaiki kesalahan tidak ditemukannya partisi Fastboot (init_boot) pada ponsel Android Anda. Kami harap panduan ini berguna bagi Anda. Jika Anda memiliki ponsel Pixel, lihat panduan terperinci kami tentang cara meroot perangkat Google Pixel apa pun yang menjalankan Android 13 melalui Magisk.

Penutup:

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang masalah "Fastboot partition (init_boot) not found" yang umum terjadi pada perangkat Android. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disarankan, kamu sekarang bisa memperbaiki masalah ini dan kembali menggunakan perangkatmu dengan normal. Jangan lupa selalu mengikuti persyaratan yang diperlukan dan melakukan tindakan pencegahan untuk mencegah terjadinya masalah serupa di masa depan.

FAQ:

Apa itu Fastboot partition (init_boot)?

Fastboot partition (init_boot) adalah partisi pada perangkat Android yang berisi file init untuk sistem operasi. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan seperti mem-flash firmware, mem-flash ROM kustom, dan melakukan tugas-tugas lanjutan lainnya.

Apa penyebab umum dari masalah "Fastboot partition (init_boot) not found"?

Penyebab umum dari masalah "Fastboot partition (init_boot) not found" adalah penggunaan file boot.img bukan file init_boot.img, kesalahan dalam memilih firmware yang sesuai, atau ketidakmampuan untuk mem-flash file init_boot ke partisi init_boot.

Bagaimana cara memperbaiki masalah "Fastboot partition (init_boot) not found"?

Kamu dapat memperbaiki masalah "Fastboot partition (init_boot) not found" dengan memverifikasi file init_boot.img, mem-flash init_boot ke partisi init_boot, dan mengikuti persyaratan yang diperlukan seperti mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking di pengaturan Pengembang.

Bagaimana cara mencegah terjadinya masalah serupa di masa depan?

Untuk mencegah terjadinya masalah serupa di masa depan, pastikan selalu mengikuti persyaratan yang diperlukan dan menggunakan file init_boot yang sesuai dengan perangkatmu. Selain itu, pastikan untuk melakukan tindakan pencegahan seperti membuat cadangan data penting sebelum melakukan perubahan pada perangkat Androidmu.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Masalah "Fastboot Partition (init_boot) Not Found""