Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Ganti Smartphone

 

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Ganti Smartphone

Seiring dengan berkembangnya teknologi, berbagai tipe smartphone baru bermunculan. Para produsen smartphone berlomba-lomba menyematkan fitur-fitur baru dan spesifikasi yang semakin menggiurkan. Hal ini tentunya menarik minat dari  penggemar smartphone. Untuk itulah kenapa kebanyakan orang kerap bergonta-ganti hp supaya tidak tertinggal akan perkembangan teknologi, khususnya dalam dunia smartphone. 

Hal Yang Harus anda lakukan sebelum Ganti Smartphone Baru

Saat anda berganti dari smartphone lama ke smartphone baru, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Mulai dari mencadangkan data seperti  kontak, foto, dokumen, video, email dan data-data aplikasi perpesanan maupun yang lainnya. Hal ini penting untuk anda perhatikan, karena ketika anda mengabaikan hal ini, yang terjadi adalah anda tidak akan dapat menemukan data-data lama anda di ponsel baru.

1. Backup Data kontak ke Akun Google

Sebelum anda berganti ke smartphone baru, sebaiknya cadangkan data kontak anda ke dalam akun google. Caranya adalah masuk ke menu Kontak kemudian klik tanda titik 3 di sebelah kanan atas, kemudian pilih Pengaturan. Kalau sudah masuk ke pengaturan kontak, silahkan anda cari lagi menu Impor/ekspor kontak dan pilih bagikan kontak. Setelah itu silahkan anda Pilih Drive (Google Drive) Kemudian klik simpan. 

Disini saya memilih opsi bagikan karena pada beberapa perangkat ada yang belum support untuk mencadangkan data kontak secara langsung ke akun google.

Kini anda sudah punya backup cadangan kontak yang tersimpan di akun google, ketika nanti akan berganti ke smartphone baru, anda dapat dengan mudah memunculkan kembali daftar kontak anda ke handphone yang baru tanpa repot memasukkan kontak satu-persatu.

2. Backup File Foto, Video, Mp3, Dokumen  Ke Akun Google

Setelah sebelumnya anda membackup Daftar kontak, Selanjutnya anda mesti mem-backup data-data penting seperti foto, video, dokumen dan file penting lainnya ke akun google. Hal ini penting anda lakukan supaya data-data anda bisa dengan mudah di munculkan kembali ke handphone yang baru. Jadi anda tidak perlu repot-repot menggunakan komputer ataupun OTG.

Untuk membackup data ke akun google, silahkan anda cari menu Manajer File, kemudian anda pilih opsi penyimpanan internal. 
  • Untuk membackup foto dan video, carilah menu DCIM kemudian cari lagi folder Camera. Silahkan anda buka foldernya, kemudian pilih foto/video yang akan di backup. Setelah itu silahkan klik Kirim/Bagikan kemudian pilih Drive. terakhir klik simpan
  • Untuk membackup file dokumen, carilah menu dokumen kemudian buka foldernya, lalu pilih dokumenyang akan di backup. Setelah itu silahkan klik Kirim/Bagikan kemudian pilih Drive. terakhir klik simpan
  •  Anda harus mengetahui lokasi file data anda disimpan di folder mana. Karena bisa jadi file yang anda ingin backup berada pada folder download ataupun folder yang lain.

3. Cadangkan WhatsApp ke Google Drive

Ya benar..! langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah mencadangkan whatsapp ke google drive. Dengan mencadangkan obrolan WhatsApp Anda ke Google Drive, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan ponsel Anda untuk file penting lainnya. Selain itu, ketika anda memutuskan untuk ganti smartphone, Anda akan dapat dengan mudah memunculkan kembali riwayat chatting ke handphone yang baru tersebut, tanpa khawatir kehilangan satu momen pun.

Dengan beberapa pengaturan sederhana, WhatsApp dapat secara otomatis mencadangkan riwayat obrolan Anda ke Google Drive Anda. Berikut cara melakukannya:

Buka dan Jalankan WhatsApp di ponsel Android Anda dan ketuk tiga titik vertikal yang terletak di kanan atas layar.
Ketuk Setelan > Chat > Cadangan Chat > Cadangkan ke Google Drive. Kemudian pilih seberapa sering Anda ingin obrolan WhatsApp Anda dicadangkan, harian, mingguan, atau bulanan, pilih sesuai keinginan anda.
Ketuk akun Google yang ingin Anda cadangkan, lalu pilih akun > Mengesahkan. Jika Anda ingin menyertakan file video ke cadangan Anda, ketuk Sertakan video, dan anda juga bisa memilih untuk mencadangkan menggunakan data seluler atau wifi saja.
Ketuk Cadangkan untuk mengawali proses pencadangan pesan. Dan semua chat anda akan mulai di backup ke akun google drive yang sudah anda tentukan sebelumnya.

2. Lakukan Factory Reset atau Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Ketika anda sudah melakukan beberapa tindakan pencadangan seperti diatas, dan anda sudah yakin kalau semua data/file sudah ter-backup. Maka tindakan yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengembalikan smartphone lama anda ke pengaturan pabrik.

Tindakan factory reset yang anda lakukan akan menghapus semua data yang tersimpan pada memori internal smartphone. Untuk itu sebelum anda benar-benar melakukannya, baiknya anda pastikan dulu bahwa pencadangan sudah benar-benar tidak ada yang terlewatkan.

Ketika anda ingin menjual ponsel anda, atau mungkin memberikannya kepada orang lain. Tentunya sangat Penting melakukan factory reset ke ponsel lama anda. Hal itu bertujuan untuk  menjaga kerahasiaan data atau privacy anda supaya tidak di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Penutup

Demikian Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Ganti Smartphone.Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas, silahkan bisa di tanyakan lewat kolom komentar dibawah. Terimakasih
M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Ganti Smartphone"