Statistiche web Cara Mencadangkan Dan Memulihkan Pesan Chat Whatsapp - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencadangkan Dan Memulihkan Pesan Chat Whatsapp

Mencadangkan Dan Memulihkan Pesan Chat Whatsapp

Seperti yang kita ketahui bersama, WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan terbaik dan paling banyak  digunakan saat ini, memberi banyak orang kenyamanan luar biasa dalam berhubungan / berinteraksi dengan teman jarak jauh, keluarga, maupun rekan bisnis dll.

Tetapi sering kali, ketika kita mengganti smartphone, atau ketika terjadi kerusakan sistem, kita harus menginstal ulang aplikasi, namun ketika kita mencari pesan yang sebelumnya, semuanya hilang. Hal itu di kerenakan kita belum melakukan backup chat di aplikasi whatsapp. 

Jika Anda juga ingin mencadangkan dan memulihkan obrolan WhatsApp, tutorial dari rafidhcell ini cocok untuk Anda pengguna Android.

Cara Backup Obrolan WhatsApp di Android

Sebelum anda menghapus instalasi whatsapp atau sebelum anda memutuskan untuk ganti perangkat ponsel anda, hal yang perlu anda ketahui adalah Resiko tinggi kehilangan pesan penting WhatsApp. Untuk itu anda perlu melakukan pencadangan chat terlebih dahulu, agar ketika anda memutuskan untuk memulihkan pesan whatsapp, anda dapat melakukannya dengan mudah, tanpa khawatir akan kehilangan riwayat pesan chat anda sedikitpun.

WhatsApp dapat mencadangkan data obrolan Anda secara otomatis ke lokasi default setiap hari, dan Anda dapat memilih untuk menyimpan cadangan terlebih dahulu, baik di penyimpanan ponsel atau di Google Drive Anda. Berikut ini cara untuk mencadangkan pesan whatsapp yang dapat anda lakukan : 

>>Cadangkan WhatsApp ke Google Drive

Dengan mencadangkan obrolan WhatsApp Anda ke Google Drive, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan ponsel Anda untuk file penting lainnya. Selain itu, Anda bahkan tidak perlu cemas kalau jari anda akan capek melakukan upaya untuk mencadangkan obrolan Anda ke Google Drive, jika nanti hilang.

Dengan beberapa pengaturan sederhana, WhatsApp dapat secara otomatis mencadangkan riwayat obrolan Anda ke Google Drive Anda. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka dan Jalankan WhatsApp di ponsel Android Anda dan ketuk tiga titik vertikal yang terletak di kanan atas layar.
  2. Ketuk Setelan > Chat > Cadangan Chat > Cadangkan ke Google Drive. Kemudian pilih seberapa sering Anda ingin obrolan WhatsApp Anda dicadangkan, harian, mingguan, atau bulanan, pilih sesuai keinginan anda.
  3. Ketuk akun Google yang ingin Anda cadangkan, lalu pilih akun > Mengesahkan. Jika Anda ingin menyertakan file video ke cadangan Anda, ketuk Sertakan video, dan anda juga bisa memilih untuk mencadangkan menggunakan data seluler atau wifi saja.
  4. Ketuk Cadangkan untuk mengawali proses pencadangan pesan. Dan semua chat anda akan mulai di backup ke akun google drive yang sudah anda tentukan sebelumnya.
  • Kelebihan:
  1. Anda selalu dapat mengembalikan riwayat obrolan WhatsApp Anda nanti, ketika ponsel Anda hilang atau mungkin rusak.
  2. Anda dapat memilih seberapa sering WhatsApp akan mencadangkan data Anda, harian, mingguan, atau bulanan. WhatsApp akan secara otomatis mencadangkan seluruh riwayat obrolan Anda, sesuai dengan jadwal yang sudah anda tentukan.
  • Kekurangan:
  1. Mentransfer semua data Anda ke Android baru Anda di masa mendatang akan memakan banyak waktu dan tentunya akan membutuhkan koneksi data internet yang lumayan besar (Tergantung seberapa banyak data yang anda cadangkan).

>>Cadangkan WhatsApp Ke Penyimpanan Lokal Android

Selain pencadangan melalui google drive, WhatsApp juga mendukung pencadangan riwayat obrolan Anda ke penyimpanan internal perangkat Anda. Ini adalah metode pencadangan yang dapat anda jadikan alternatif. Berikut ini tahapan-nya :
  1. Buka WhatsApp > ikon menu > Setelan > Chat > Cadangan chat > Cadangan
  2. Dengan cara ini, Anda berhasil mencadangkan data WhatsApp Anda ke ruang penyimpanan ponsel Anda.
  3. Jika Anda ingin pesan WhatsApp Anda dicadangkan di ponsel Android saja, tidak ada peluang bagi Google Drive untuk mencadangkan. Maka inilah yang harus Anda lakukan:
  4. Buka WhatsApp > Ikon Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat > Cadangkan ke Google Drive > Tidak Pernah.
Setelah selesai, semua data WhatsApp Anda tidak akan pernah dicadangkan di Google Drive lagi.

Selanjutnya, tekan tombol BackUp. Sekarang Anda dapat mulai mencadangkan pesan WhatsApp Anda hanya ke penyimpanan lokal ponsel Android Anda.
  • kelebihan
1. Sangat cepat untuk mencadangkan semua pesan WhatsApp Anda
  • Kekurangan
1. Ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang sangat besar di ponsel Anda.
Selain itu, anda juga berisiko kehilangan semua cadangan Anda setelah ponsel Anda rusak atau hilang.

Cara Memulihkan Obrolan WhatsApp di Android

Metode pemulihan cadangan pesan whatsapp yang akan kita gunakan kali ini juga dengan 2 cara. Yaitu pemulihan melalui google drive dan penyimpanan internal. Akan tetapi, anda hanya dapat melakukan pemulihan, apabila sebelumnya sudah melakukan pencadangan pesan seperti cara-cara diatas. Baiklah ini dia cara selengkapnya!

>>Cara mengembalikan cadangan WhatsApp dari Google Drive

Untuk memulihkan data cadangan WhatsApp Anda dari Google Drive, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Tambahkan akun google ke perangkat smartphone yang akan digunakan
  2. Buka WhatsApp dan jalankan aplikasi whatsapp 
  3. Ketuk Setuju kemudian masukkan nomor telepon Anda seperti yang diminta untuk nantinya dilakukan verifikasi.
  4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan SMS / Panggilan
  5. Klik Berikutnya > OK > Lanjutkan > Pulihkan.
  6. Masukkan nama Anda lalu tekan Next.
  7. Sekarang, anda akan melihat proses pemulihan berlangsung. Dan semua data riwayat chat anda akan di pulihkan.
  8. Silahkan tunggu hingga semua pesan anda muncul kembali.

>>Cara mengembalikan cadangan WhatsApp dari penyimpanan internal

Untuk dapat memulihkan pesan WhatsApp Anda dari memori ponsel Anda, pastikan Anda telah mengaktifkan pencadangan lokal sebelumnya, Jika tidak maka cara ini tidak akan berhasil. Berikut ini langkah-langkahnya :
  1. Unduh dan instal WhatsApp di smartphone android Anda.
  2. BuKemudian buka dan jalankan aplikasi whatsapp.
  3. Ketuk Setuju dan lanjutkan.
  4. Masukkan nomor telepon Anda untuk verifikasi
  5. Masukkan Kode verifikasi yang sudah di kirimkan melalui pesan SMS atau melalui panggilan suara.
  6. Tekan tab Lewati >> Lanjutkan >> Pulihkan
  7. Masukkan nama Anda untuk melengkapi Profil.
  8. Ketuk Berikutnya.
  9. Tunggu hingga semua pesan anda berhasil di pulihkan kembali.
Demikian tadi artikel tentang tata Cara Mencadangkan Dan Memulihkan Pesan Chat Whatsapp yang dapat anda lakukan dengan mudah. Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas, silahkan bisa di tanyakan lewat kolom komentar dibawah. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Cara Mencadangkan Dan Memulihkan Pesan Chat Whatsapp"