Statistiche web Perlukah Selalu Update Aplikasi di Ponsel Android Anda? - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlukah Selalu Update Aplikasi di Ponsel Android Anda?

 

Perlukah Selalu Update Aplikasi di Ponsel Android Anda?

Jika Anda sedang malakukan pengaturan pada smartphone untuk pertama kalinya, secara default, smartphone sudah diatur untuk memberi tahu Anda tentang pembaruan yang tersedia untuk aplikasi dan pembaruan keamanan bahkan pembaruan versi firmware yang ditawarkan. Untuk itu, anda dapat mengunduhnya secara otomatis ketika smartphone terhubung ke Wi-Fi.

Yang berarti Anda tidak perlu terlalu memikirkannya jika Anda memiliki koneksi Wi-Fi di Rumah atau Kantor Anda dan ponsel Anda tetap terhubung dengannya. Karena secara otomatis akan mengunduh pembaruan untuk aplikasi yang diinstal di smartphone Anda.

Apakah benar-benar penting untuk selalu memperbarui aplikasi dan System Android di ponsel Anda?

Meskipun merupakan praktik yang baik untuk terus memperbarui aplikasi Anda, tidak semua pembaruan yang tersedia untuk suatu aplikasi berguna bagi Anda.

Mari kita jawab hal ini secara detail.

Jika Anda telah menambahkan akun Google di smartphone Android Anda, yang saya yakin Anda pasti memilikinya, Anda secara otomatis masuk ke akun Google di Google Play Store. Dan secara default, Anda akan diberi tahu tentang setiap pembaruan yang tersedia untuk aplikasi yang diinstal.

Bersamaan dengan pemberitahuan untuk pembaruan yang tersedia, pengembang aplikasi juga memiliki opsi untuk memberikan detail tentang apa pembaruan itu.

Perbaikan Bug dan Peningkatan Kinerja

Beberapa aplikasi seperti youtube, Facebook, Instagram dll, akan membawa pembaruan untuk memperbaiki bug dan menambahkan beberapa fitur terbaru sehingga aplikasi mereka berkinerja lebih baik.

Tetapi terkadang pembaruan yang mereka sediakan tidak membuat banyak perbedaan dalam kinerja aplikasi di ponsel Anda.

Selama Versi android maupun aplikasi di smartphone anda tidak bermasalah, dan anda merasa masih nyaman dengan menggunakan versi lama, pembaruan tersebut baiknya anda abaikan saja.

Fitur Baru Ditambahkan ke Aplikasi

Kemudian juga ada aplikasi yang melalui pembaruannya menghadirkan fitur-fitur baru pada aplikasinya, seperti WhatsApp menghadirkan fitur baru di hampir setiap pembaruan.

Pembaruan adalah cara bagi pengembang untuk membuat perubahan pada aplikasi mereka, terkadang tentang memperbaiki sesuatu, menambahkan fitur baru, atau mengubah tampilan aplikasi sepenuhnya.

Patch Keamanan

Keamanan menjadi perhatian utama pengguna karena aplikasi yang Anda gunakan di ponsel cerdas Anda telah mendapatkan data pribadi Anda sehingga penting agar aplikasi tersebut aman.

Saat Anda memperbarui aplikasi, itu memastikan bahwa pengembang telah bekerja untuk memperbaiki kerentanan apa pun yang kami deteksi. Tetapi sekali lagi hal itu sangat jarang terjadi, terutama jika Anda menggunakan aplikasi dari sumber resmi.

Untuk pembaruan patch keamanan pada system, disarankan agar anda selalu memperbaruinya. Hal ini sangat penting dilakukan karena terkait dengan keamanan data di smartphone anda.

Apa yang harus Anda lakukan?

Saya akan menyarankan Anda untuk mematikan pembaruan otomatis untuk aplikasi di ponsel Anda. Dan periksa pembaruan secara manual saja, anda bisa mengaturnya secara mandiri dan bisa dilakukan ketika sedang butuh saja. mungkin bisa setiap minggu atau dua minggu.

Praktik ini tidak hanya akan menghemat data yang dapat digunakan untuk hal lain, tetapi juga akan mengurangi beban pada ponsel Anda, terutama kaitannya dengan memori penyimpanan internal anda.

Saran dari kami, selalu lakukan pengecekan tentang update/pembaruan yang tersedia untuk system android kalian. Karena pembaruan system yang disediakan oleh vendor biasanya terkait patch keamanan system,dan penyempurnaan aplikasi bawaan, yang tidak dapat anda perbarui di google play store.

Penutup

Berikut adalah artikel yang menunjukkan kepada Anda, seberapa penting pembaruan android dan aplikasi didalamnya. Kini  Anda sudah dapat  mengerti alasannya, kenapa mesti menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis di ponsel Android.

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda, Anda dapat membaca lebih banyak artikel terkait teknologi yang bermanfaat di blog rafidhcell.

Posting Komentar untuk "Perlukah Selalu Update Aplikasi di Ponsel Android Anda?"