Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Beli Hp Bekas Online agar Tak Mudah Ketipu!

Tips Beli Hp Bekas Online

Tips Beli Hp Bekas Online
- Saat membeli ponsel, tentunya kita akan merasa bingung. Apakah Anda akan membeli ponsel baru atau ponsel bekas? Sebenarnya saat membeli ponsel, yang terpenting adalah dana yang kita miliki dan spesifikasi ponsel yang akan dibeli.

Jika kita ingin memiliki hp dengan spesifikasi yang gahar tapi dengan harga yang murah dan juga tips beli hp bekas online? Jika iya, opsi membeli HP bekas jadi solusinya. Harga hp bekas jauh lebih murah dari hp baru.

Tips Beli Hp Bekas Online

Namun sayangnya kualitas hp bekas belum tentu mulus dan sebagus hp baru. Jika ponsel baru sering ditemukan dengan cacat produksi, bagaimana dengan ponsel bekas? Nah, agar kamu bisa membeli HP second dengan aman, berikut beberapa tipsnya:

Cek Kelengkapan Hp

Tips Beli Hp Bekas Online yang pertama ada aksesoris atau tidak. Karena saat membeli handphone bekas, maka pastikan dulu aksesoris tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada earphone (atau orang sering sering sebut headset) masih bisa mengeluarkan audio dan kepala charger ori.

Memang tidak semua handphone bekas dilengkapi dengan aksesoris. Namun, terkadang juga banyak ponsel bekas yang dilengkapi dengan aksesoris, meskipun tidak selalu original dan masih berfungsi dengan baik.

Perhatikan Fisik Luar HP

Hal pertama yang paling terlihat dan akan menjadi pusat perhatian adalah bagian luar ponsel, dengan kata lain fisik. Meski performa di dalam ponsel bisa dikatakan masih bagus, namun tampilan luarnya banyak terdapat goresan dan terlihat sangat buruk, sehingga akan sangat mengganggu.

Perhatikan bagian belakang ponsel, ada beberapa casing ponsel yang tidak bisa diganti begitu saja. Hanya untuk melepasnya saja sulit dan terkadang memiliki harga yang sangat mahal. Karena itu, kasing asli bawaan ini sangat penting.

Karena sangat terlihat dan akan menjadi pusat perhatian orang yang melihatnya. Kemudian yang kedua untuk bagian depan atau layar sentuh untuk smartphone, pastikan jika ada goresan, maka yang tergores hanya kaca pelindung anti gores.

Jika ternyata bagian yang tergores adalah layarnya sendiri, maka Anda harus berpikir ulang untuk membeli ponsel tersebut. Ada opsi lain yang bisa Anda lakukan yaitu membeli ponsel namun dengan catatan mengganti beberapa komponen.

Perhatikan Kondisi Fitur HP Control

Fitur kontrol HP merupakan bagian yang cukup vital dan tentunya menjadi hal yang harus diperhatikan saat membeli HP bekas. Fitur kontrolnya adalah microphone untuk menangkap suara, speaker untuk mengeluarkan suara, apakah kabel USB pabrikan masih berfungsi normal,

Hingga fungsi layar touchscreen apakah masih berfungsi di seluruh sudut ponsel. Kamu bisa cek tochscreen dengan kode dial dan disetiap merk hp berbeda-beda kode-nya.

Cek Bagian Dalam HP

Saatnya mengecek bagian dalam ponsel, kamu bisa memulainya dengan mengecek versi OS ponsel. Salah satu indikator yang bisa kamu perhatikan dengan baik adalah, jika ternyata OS tersebut tidak bisa diupdate, maka kemungkinan besar ponsel tersebut bukan versi resmi dari OS yang dimaksud.

Bisa jadi ponsel tersebut merupakan versi pasar gelap atau bahkan replika dari ponsel yang sebenarnya. Membeli HP bekas yang original sebenarnya lebih baik daripada membeli HP baru tapi replika atau dengan kata lain HDC.

Perhatikan semua komponen yang ada di dalam handphone, mulai dari software, RAM, memory dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda membeli ponsel bekas yang ternyata memorinya tidak bisa masuk karena sudah penuh. Beberapa ponsel saat di instal ulang memiliki aplikasi bawaan bahkan hilang. Akibatnya, Anda akan kesulitan dan harus menginstal aplikasi yang bersangkutan sendiri.

Cari Spesifikasi Terbaru dan Tak Ketinggalan Zaman

Tips beli hp bekas online selanjutnya adalah hp bekas yang memiliki spesifikasi yang mengikuti tren atau setidaknya 1 atau 2 generasi dari sekarang. Penggunaan aplikasi yang saat ini beraneka ragam, membutuhkan smartphone Android dengan RAM minimal 4GB, atau RAM 6GB dan memiliki penyimpanan internal minimal 64GB.

Pastikan hp yang kalian beli memiliki slot microSD untuk mendukung penyimpanan data jika memori internal berukuran kecil. Jika Anda ingin membeli smartphone bekas di bawah standar, maka Anda akan sering merasakan hp lemot saat menjalankan aplikasi atau pemberitahuan "Penyimpanan Anda Penuh".

Jadi sebelum membeli hp second, perhatikan baik-baik hal ini agar tidak menyesal nantinya saat membeli hp bekas. Hp yang lemot terjadi karena tidak bisa menjalankan aplikasi atau hp sudah kedaluwarsa dan tidak mengikuti pembaruan OS yang ada.

Cek Keaslian HP Bekas dengan IMEI

Yang akan kamu beli adalah HP bekas asli, bukan HDC. Cara cek hp asli atau palsu adalah dengan cek IMEI (masukkan dial *#06#) > Lalu cek di situs ini > ketik IMEI > klik CHECK. Jika data yang muncul berbeda dengan HP kamu, maka bisa dipastikan HP kamu bukan barang ORI.

Namun jika data yang muncul tidak sesuai dengan tipe HP yang kamu beli atau tidak tersedia, maka bisa disimpulkan bahwa nomor IMEI yang tertera di HP kamu bukan milik kamu alias kamu mendapat HP palsu.

Lihat Masa Pakai Baterai

Tips beli hp bekas online selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah baterai, apakah baterai tersebut boros atau tidak. Cara memeriksa baterai adalah dengan memegang ponsel dan mencoba mengoperasikannya. Jika terasa cepat panas, maka bisa dipastikan ponsel bermasalah dengan baterai.

Mengapa banyak orang takut membeli HP bekas? Karena banyak orang khawatir tentang kinerja ponsel itu sendiri dan dan biasanya ada komponen yang terkadang sudah diganti dan tidak ori alias tidak segel lagi.

Oleh karena itu, tips beli hp bekas online dan memilih ponsel bekas sangatlah penting. Salah satu tips jika anda awam dalam mengecek hp, anda bisa mengajak teman anda untuk menemani anda membeli hp bekas.

Hati-hati penipuan

Segala aktivitas jual beli tidak lepas dari yang namanya penipuan, terutama jual beli handphone bekas secara online. Jika Anda membeli melalui website, maka pastikan website tersebut terbukti terpercaya dan mengirimkan barang. Anda bisa memilih opsi COD (Cash On Delivery) sebagai solusi jika kredibilitas penjual diragukan, atau bisa juga menggunakan jasa Rekber.

Jangan lupa pertimbangkan harga

Biasanya handphone bekas memiliki patokan harga atau range harga. Jadi ketika Anda mendapatkan smartphone bekas dengan harga yang jauh di bawah kisaran harga ponsel bekas, jangan langsung membelinya. Karena smartphone bekas bisa saja HP HDC yang jelas bukan pabrikan resmi dari pemilik vendor.

Penutup

Tips beli hp bekas online diatas pastinya akan membantu kalian agar mendapatkan bekas tapi kualitas baru. Saat membeli smartphone bekas baru, lakukan factory reset agar semua data yang sebelumnya ada di ponsel bisa terhapus dan smartphone terasa baru karena penyimpanannya kini lebih lega.


M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Tips Beli Hp Bekas Online agar Tak Mudah Ketipu!"