Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Domain? Berikut ini Pengertian Domain Beserta Fungsinya

Pengertian Domain Beserta Fungsinya

Rafidhcell.com- Bila anda baru mengawali membuat website, blog  ataupun bisnis online , anda wajib mendaftarkan nama domain, nama buat blog atau website anda. Memperoleh domain yang pas buat kebutuhan, Hal ini bisa jadi terdengar teknis pada awal mulanya, namun prosesnya sangat simpel.Disini Rafidh cell akan menjelaskan secara detail tentang apa itu domain, apa fungsi dan kegunaannya.

Pengertian Domain Beserta Fungsinya

Jadi, apa yang dimaksud dengan nama domain? 

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah blog atau website dengan nama yang lebih mudah diingat dan ditulis, dibandingkan dengan  alamat IP yang sangat rumit dan lebih sulit untuk di ingat.

Tiap web website di internet mempunyai alamat IP. Alamat ini menunjuk ke posisi web website– anggap saja semacam koordinat GPS. Alamat IP, yang biasanya berupa rangkaian angka yang disebut dengan IP address yang sulit untuk dihafal dan diketik, contoh seperti ini 202.4.186.18.Domain berfungsi untuk menggantikan alamat IP tersebut dengan nama yang lebih mudah di ingat seperti rafidhcell.com.

Struktur yang disebut Domain Name System (DNS) menerjemahkan alamat IP tersebut menjadi nama agar mudah diingat. Nama-nama itulah yang disebut nama domain.

Semua orang akan lebih mudah mengingat nama daripada mengingat susunan angka, mencoba mengingat semua angka tersebut untuk menavigasi ke situs web bisa menjadi hal yang susah untuk dilakukan. Di situlah nama domain berperan.

Sebagai contoh, rafidhcell. adalah nama domain yang saya pilih Sedangkan .com adalah sebuah ekstensi domain yang menurut saya cocok dengan jenis organisasi/perusahaan.Banyak ekstensi domain yang tersedia di dunia, kalau di indonesia sendiri mungkin yang biasa kita lihat seperti, .com, .go.id, .co.id, my.id, ac.id dan masih banyak yang lainnya.

Jika ingin memiliki nama domain-mu sendiri, kamu perlu mendaftarkannya ke organisasi ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang mempunyai kewenangan untuk menentukan ekstensi domain yang dapat digunakan.

Pada dasarnya,memang tidak ada batasan pada nama domain yang ingin anda gunakan. Akan tetapi, anda tidak dapat lagi menggunakan domain yang sudah lebih dulu di pakai atau telah didaftarkan oleh orang lain atau organisasi lain.Seperti contoh rafidhcell.com ini kan domain yang sudah saya pakai, jadi anda tidak bisa mendapatkan lagi nama domain yang sama dengan rafidhcell.com.Anda hanya bisa mendaftarkannya dengan nama yang berbeda seperti rafidhcell.my.id atau rafidhcell.id.

Apa Saja Jenis dan Tipe Domain?

Setelah mengetahui arti domain beserta fungsinya, kini saatnya kita membahas apa saja jenis beserta tipe domain.Secara garis besar, ada tiga jenis domain yang paling banyak digunakan, yaitu 
  • Top Level Domain (TLD)
  • Second Level Domain (SLD)
  • Third Level Domain (3LD)
Sekarang mari kita bahas satu-persatu Ketiga jenis domain diatas

1. Top Level Domain (TLD)

Domain tingkat atas (TLD) mengacu pada segmen terakhir dari nama domain, atau bagian yang berada tepat setelah simbol "titik".

Misalnya, di alamat internet: https://www.google.com, bagian “.com” adalah TLD.

TLD terutama diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: TLD generik dan TLD khusus negara dan TLD Premium

Contoh beberapa TLD yang populer meliputi:
  • .com
  • .org
  • .gov
  • .biz
  • .edu.
Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), adalah entitas yang mengoordinasikan domain dan alamat IP untuk internet.

Secara historis, TLD mewakili tujuan dan jenis domain atau wilayah geografis tempat asalnya. ICANN umumnya sangat ketat dalam membuka TLD baru, tetapi pada 2010, ICANN memutuskan untuk mengizinkan pembuatan banyak TLD generik baru serta TLD untuk merek dagang khusus perusahaan.

Domain tingkat atas juga dikenal sebagai akhiran domain atau sufiks domain.

2. Second Level Domain (SLD)

SLD adalah titik kontak pertama yang dimiliki pengguna internet dengan blog/situs web Anda. Ini adalah bagian URL yang paling berkesan dan karena itu yang paling penting. Banyak orang yang masih bingung dengan istilah second level domain atau yang biasa disebut SLD. Kebanyakan dari mereka tidak tahu di mana lokasinya dalam keseluruhan nama domain, atau mengapa itu penting. Jika Anda memahami  penuh tentang domain tingkat kedua, Anda tidak hanya memiliki waktu yang lebih mudah untuk menavigasi bentangan internet yang luas, tetapi juga dapat membuat situs web pribadi Anda lebih berkesan.

Untuk sepenuhnya memahami pentingnya penempatan itu, dan bagaimana memanfaatkan domain tingkat kedua dengan cara yang bermanfaat, diperlukan pemahaman tentang tujuan nama domain.
Sebagai contoh Dari contoh nama domain rafidhcell.com, nama “rafidhcell” itulah yang menjadi Second Level Domain.

3. Third Level Domain (3LD)

Domain tingkat ketiga (3LD) adalah domain tingkat tertinggi berikutnya setelah domain tingkat kedua (SLD) dalam hierarki nama domain. Ini adalah segmen yang ditemukan langsung di sebelah kiri domain tingkat kedua. Domain tingkat ketiga sering disebut "subdomain", dan menyertakan bagian domain ketiga ke URL.

Dalam organisasi besar, setiap departemen atau divisi dapat menyertakan domain tingkat ketiga yang unik yang dapat bertindak sebagai cara yang sederhana, namun efektif, untuk mengidentifikasi departemen tertentu.

Beberapa nama domain tingkat ketiga digunakan untuk menyeimbangkan beban di situs dengan lalu lintas padat. Terkadang, nama seperti  www.blog.example.com digunakan untuk tujuan ini.

Sebagai contoh Misalnya, pada sebuah domain “blog.rafidhcell.com”, maka bagian “blog” inilah yang disebut dengan Third Level Domain atau biasa disebut subdomain.

Dimana tempat membeli Domain Terbaik di Indonesia

Untuk mendapatkan domain murah,berkualitas dan terpercaya anda bisa mendapatkannya di Niagahoster.Berdiri sejak tahun 2013, Niagahoster selalu menjamin kualitas uptime server 99.9%, dukungan CS 24 jam,yang siap membantu anda kapanpun anda butuhkan, Semua CS nya fast respon dan juga ramah. Niagahoster memberikan harga termurah di kelasnya, Selain itu Niagahoster juga berkomitmen untuk senantiasa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan, baik profesional maupun personal.

Lebih dari 500.000 klien telah terdaftar di layanan Niagahoster.Bagi anda yang ingin mendapatkan berbagai promo dari pembelian Domain di Niagahoster, anda bisa menuju KESINI

Sekian Artikel tentang Apa itu Domain? Berikut ini Pengertian Domain Beserta Fungsinya.Semoga bermanfaat.

Tags : domain murah, hosting dan domain murah indonesia, Beli domain dan hosting, Harga domain dan hosting per tahun, Domain Murah 2022, promo domain 2022, Promo Domain murah, Beli domain, Beli domain terpercaya, Beli domain tanpa hosting, Dimana domain bisa didapatkan, Beli domain untuk Blogger, cara menyambungkan domain ke blogger, custom domain, domain terbaik di indonesia,bingung beli domain.


M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Apa itu Domain? Berikut ini Pengertian Domain Beserta Fungsinya"