Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Factory Reset Protection (FRP)

Apa itu Factory Reset Protection (FRP)

Factory Reset Protection
  atau biasa disingkat FRP merupakan suatu fitur yg bertugas melindungi smartphone Android dari tindakan pencurian yg dilakukan oleh orang lain. Fitur FRP ini pertama kali diperkenalkan Google pada bulan Maret 2015 lalu. 

Dengan adanya fitur ini, Apabila smartphone anda terdapat kunci layar entah itu berupa sandi, pola, pin ataupun sidik jari, lalu smartphone anda hilang atau dicuri orang, maka mau nggak mau si penemu atau pencuri tadi harus  mengetahui kunci layar smartphone anda.Namun apabila si penemu atau pencuri tadi tidak mengetahui kunci layar yang anda buat, maka mereka harus melakukan Hard Reset di perangkat tersebut tersebut.

Kemudian  saat si penemu atau si pencuri tadi sudah selesai  melakukan Hard Reset dan sudah berhasil melakukan penghapusan kunci layar pada perangkat, yang terjadi adalah ketika Smartphone dinyalakan, maka si penemu atau si pencuri tadi akan melihat perintah di layar untuk memasukkan akun google  yg pernah di sinkronkan pada perangkat temuannya/curiannya tersebut.



“This device was reset. To continue, sign in with a Google Account that was previously synced on this device.”

Artinya?

“Perangkat ini sudah direset. Untuk melanjutkan, masuk menggunakan akun Google yg sebelumnya sudah disinkronkan pada perangkat ini.”

Pertanyaannya sekarang, apa fungsi, manfaat, & tujuan  Factory Reset Protection (FRP)?


Dengan adanya fitur FRP ini, si pencuri tidak akan bisa menggunakan ponsel tersebut dikarenakan kondisinya yg sudah terkunci, meskipun ponsel itu sudah di Hard Reset atau di Factory Reset oleh si pelaku pencurian.


Akan tetapi, ada juga yang perlu anda ketahui, kalau fitur FRP ini cuma tersedia pada ponsel yg sudah mempunyai kriteria sebagai berikut:
  • Ponsel mendukung atau sudah  upgrade ke Android 5.1 Marshmallow
  • Ponsel Sudah ter-login dan di sinkronkan ke akun Google
  • Layar ponsel sudah terdapat  LockScreen atau kunci layar

Berkat fitur FRP ini, si pencuri tidak akan bisa menggunakan ponsel curiannya itu,  kecuali mereka mengetahui email & password yg pernah dipasang pada perngkat curiannya tersebut. Dan hal itu tentunya sangat tidak mungkin dilakukan, lantaran tidak mungkin bagi seorang pencuri mendatangi si pemilik smartphone untuk menanyakan email & passwordnya.

Gimana,Cukup Aman dan Canggih Kan Fitur FRP ini?


Memang fitur FRP ini belum sepenuhnya sempurna dan masih terdapat celah untuk di bobol,tetapi setidaknya Fitur ini akan sangat membantu. Karena melakukan pembobolan FRP ini tentunya tidak mudah,dilakukan dan kemungkinan besar si pencuri akan mendatangi jasa reparasi smartphone.

Dan kebanyakan Konter akan menanyakan mengenai kelengkapan smartphone, misalnya dusbook & bukti kepemilikan lainnya.
hal itu dilakukan buat meyakinkan bahwa perangkat tadi bukan ponsel hasil dari tindak kejahatan.

Penutup


Penting bagi anda untuk selalu mengingat akun google dan password yang anda sinkronkan pada smartphone anda, Dan jangan lupa untuk mengamankan ponsel dengan membuat kunci layar. Hal itu akan sangat membantu apabila terjadi hal yang tidak di inginkan, misal anda harus kehilangan ponsel kesayangan.

Demikian tadi penjelasan mengenai Apa itu Factory Reset Protection (FRP), dan apa fungsi dan manfaat FRP. Semoga bermanfaat

M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Apa itu Factory Reset Protection (FRP)"