Statistiche web Apa itu Factory Reset Protection (FRP) - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Factory Reset Protection (FRP)

Apa itu Factory Reset Protection (FRP)

Factory Reset Protection (FRP) adalah fitur keamanan yang umumnya ada di perangkat Android yang bertujuan untuk melindungi data pribadi pengguna saat perangkat tersebut hilang, dicuri, atau dijual. FRP memastikan bahwa hanya pengguna yang sah yang dapat mengakses perangkat setelah direset ke pengaturan pabrik.

Jika FRP diaktifkan, maka setelah reset ke pengaturan pabrik, pengguna akan diminta untuk memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) dari akun Google yang terakhir terhubung dengan perangkat. Dengan demikian, orang yang tidak sah tidak dapat mengakses perangkat atau data pribadi pengguna.

FRP dapat membantu melindungi data pribadi pengguna, tetapi jika pengguna lupa akun Google yang terkait dengan perangkat, atau ingin menjual perangkat tersebut, dapat menjadi masalah. Dalam kasus seperti itu, pengguna harus memastikan bahwa mereka telah menghapus akun Google yang terkait dengan perangkat sebelum melakukan reset ke pengaturan pabrik.

Factory Reset Protection  atau biasa disingkat FRP merupakan suatu fitur yg bertugas melindungi smartphone Android dari tindakan pencurian yg dilakukan oleh orang lain. Fitur FRP ini pertama kali diperkenalkan Google pada bulan Maret 2015 lalu. 

Dengan adanya fitur ini, Apabila smartphone anda terdapat kunci layar entah itu berupa sandi, pola, pin ataupun sidik jari, lalu smartphone anda hilang atau dicuri orang, maka mau nggak mau si penemu atau pencuri tadi harus  mengetahui kunci layar smartphone anda.Namun apabila si penemu atau pencuri tadi tidak mengetahui kunci layar yang anda buat, maka mereka harus melakukan Hard Reset di perangkat tersebut tersebut.

Kemudian  saat si penemu atau si pencuri tadi sudah selesai  melakukan Hard Reset dan sudah berhasil melakukan penghapusan kunci layar pada perangkat, yang terjadi adalah ketika Smartphone dinyalakan, maka si penemu atau si pencuri tadi akan melihat perintah di layar untuk memasukkan akun google  yg pernah di sinkronkan pada perangkat temuannya/curiannya tersebut.



“This device was reset. To continue, sign in with a Google Account that was previously synced on this device.”

Artinya?

“Perangkat ini sudah direset. Untuk melanjutkan, masuk menggunakan akun Google yg sebelumnya sudah disinkronkan pada perangkat ini.”

Pertanyaannya sekarang, apa fungsi, manfaat, & tujuan  Factory Reset Protection (FRP)?


Dengan adanya fitur FRP ini, si pencuri tidak akan bisa menggunakan ponsel tersebut dikarenakan kondisinya yg sudah terkunci, meskipun ponsel itu sudah di Hard Reset atau di Factory Reset oleh si pelaku pencurian.


Akan tetapi, ada juga yang perlu anda ketahui, kalau fitur FRP ini cuma tersedia pada ponsel yg sudah mempunyai kriteria sebagai berikut:
  • Ponsel mendukung atau sudah  upgrade ke Android 5.1 Marshmallow
  • Ponsel Sudah ter-login dan di sinkronkan ke akun Google
  • Layar ponsel sudah terdapat  LockScreen atau kunci layar

Berkat fitur FRP ini, si pencuri tidak akan bisa menggunakan ponsel curiannya itu,  kecuali mereka mengetahui email & password yg pernah dipasang pada perngkat curiannya tersebut. Dan hal itu tentunya sangat tidak mungkin dilakukan, lantaran tidak mungkin bagi seorang pencuri mendatangi si pemilik smartphone untuk menanyakan email & passwordnya.

Gimana,Cukup Aman dan Canggih Kan Fitur FRP ini?


Memang fitur FRP ini belum sepenuhnya sempurna dan masih terdapat celah untuk di bobol,tetapi setidaknya Fitur ini akan sangat membantu. Karena melakukan pembobolan FRP ini tentunya tidak mudah,dilakukan dan kemungkinan besar si pencuri akan mendatangi jasa reparasi smartphone.

Dan kebanyakan Konter akan menanyakan mengenai kelengkapan smartphone, misalnya dusbook & bukti kepemilikan lainnya.
hal itu dilakukan buat meyakinkan bahwa perangkat tadi bukan ponsel hasil dari tindak kejahatan.

Penutup


Penting bagi anda untuk selalu mengingat akun google dan password yang anda sinkronkan pada smartphone anda, Dan jangan lupa untuk mengamankan ponsel dengan membuat kunci layar. Hal itu akan sangat membantu apabila terjadi hal yang tidak di inginkan, misal anda harus kehilangan ponsel kesayangan.

Demikian tadi penjelasan mengenai Apa itu Factory Reset Protection (FRP), dan apa fungsi dan manfaat FRP. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Apa itu Factory Reset Protection (FRP)"