Statistiche web Wi-Fi Pada Ponsel Tidak Dapat Terhubung Ke Internet? Ini Solusinya - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wi-Fi Pada Ponsel Tidak Dapat Terhubung Ke Internet? Ini Solusinya

 

Wi-Fi Pada Ponsel Tidak Dapat Terhubung Ke Internet

Ketika ponsel anda tidak dapat terhubung ke jaringan wifi, tentu hal Ini bisa membuat frustasi dapat membuat anda merasa jengkel serta khawatir, apalagi disaat itu kuota data seluler anda sedang habis. Jika Wi-Fi ponsel tidak menyala, rafidhcell mempunyai beberapa tips sederhana yang kemungkinan dapat menyelesaikan maslah anda. Namun, jika solusi dari kami tidak membuahkan hasil, Barulah anda dapat membawanya ke tempat service terdekat di daerah anda Anda.

Masalah ponsel tidak dapat terhubung ke jaringan wifi seperti ini banyak kita temui di hampir semua merk ponsel, seperti xiaomi, oppo, vivo, realme, evercoss, mito, samsung, infinix, huawei, pocophone, advan, sony dll. Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir akan masalah yang sedang anda hadapi. Untuk mengatasi handphone yang tidak dapat terhubung ke jaringan wifi, Anda dapat mencoba beberapa cara yang kami sajikan dibawah.

Berikut adalah tips dari rafidhcell untuk memperbaiki masalah koneksi Wi-Fi yang tidak berfungsi di ponsel Anda:

Nonaktifkan mode pesawat

Fungsi Mode Pesawat yang terdapat pada smartphone tentu sudah kita ketahui. Mode pesawat berfungsi untuk mematikan beberapa fitur lain, seperti sinyal, jaringan seluler, WiFI, Bluetooth, hingga GPS.

Pengguna akan sering secara tidak sengaja mengubah ponsel mereka ke mode pesawat dan membiarkannya menyala. Mode ini mencegah ponsel menyalakan Wi-Fi dan jaringan seluler. Model Android modern memiliki pintasan mode pesawat di panel notifikasi. Ketuk ikon pesawat untuk mematikan mode (ikon berwarna abu-abu berarti mode mati). Jika mode pesawat sudah dinonaktifkan, coba nyalakan dan nonaktifkan lagi. Ini mungkin mengatur ulang opsi jaringan telepon dan memperbaiki masalah.

Mulai ulang telepon

Langkah pemecahan masalah yang paling umum untuk setiap kerusakan telepon adalah me-restart telepon. Tindakan ini akan menghilangkan proses berlebih yang mungkin mengganggu operasi normal ponsel dan biasanya memperbaiki sebagian besar masalah tanpa perlu melakukan langkah lain. Kami sangat menyarankan untuk memulai ulang ponsel Anda sebagai salah satu langkah awal sebelum mengutak-atik pengaturan jaringan karena terkadang pengaturan jaringan terlihat lebih rumit.

Matikan mode hemat daya

Seperti yang kita ketahui, Mode Hemat daya berfungsi untuk membantu Anda memperpanjang masa pakai baterai ponselAnda dengan menonaktifkan fungsi, fitur, atau bahkan aplikasi tertentu, jika diinginkan. Namun terkadang hal ini dapat menyebabkan ponsel anda gagal terhubung ke jaringan wifi.

Sebagian besar perangkat modern memiliki beberapa mode hemat daya yang berbeda untuk menghemat energi saat baterai terlalu rendah. Sebagian besar akan menonaktifkan fitur intensif daya seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Jika ponsel memiliki mode hemat daya lanjutan, matikan dan coba sambungkan ke Wi-Fi.

Setel ulang pengaturan jaringan

Terkadang, pengaturan jaringan di telepon ditimpa, baik secara tidak sengaja atau dari program baru. Menyetel ulang mereka akan mengubahnya ke keadaan saat ponsel pertama kali dibeli dan diaktifkan.

Anda dapat menemukan opsi reset pengaturan jaringan di bawah "Pengaturan"> "Sistem"> "Opsi lainnya" atau "Pengaturan"> "Opsi jaringan lainnya" tergantung pada model ponsel dan versi OSpada ponsel yang anda gunakan.

Periksa router jaringan dan pengaturan Wi-Fi

Jika Wi-Fi di ponsel Anda dihidupkan, tetapi perangkat tidak terhubung atau menemukan jaringan pilihan Anda, pengaturan router kemungkinan besar akan menjadi masalahnya. Pertama, periksa lampu indikator apa pun untuk melihat apakah router berfungsi dengan benar dan terhubung ke Internet. Memulai ulang router dapat memperbaiki sebagian besar masalah sementara.

Atau jika anda menggunakan jaringan hotspot dari perangkat lain, anda bisa mencoba mematikan hotspotnya terlebih dahulu, kemudian coba nyalakan kembali. Terkadang di pengaturan hotspot, pengguna membatasi user yang dapat terkoneksi ke jaringannya, atau bahkan kadang malah memblokirnya.

Jangan lupa periksa kredensial Wi-Fi (SSID dan kata sandi) untuk memastikan mereka tidak ada yang dirubah. Atau anda juga dapat mencoba menghubungkan ke jaringan wifi lain, yang tersedia di sekitar anda.

Kembalikan Ke Setelan Pabrik ( Hard Reset)

Sebagai upaya terakhir, reset pabrik dapat membantu memulihkan pengaturan telepon Anda menjadi normal lagi. Namun, tindakan ini akan menghapus sebagian besar data di perangkat ponsel anda. Jadi sebelum anda melakukan Hard Reset, Cadangkan dulu data-data penting dan jangan lupa log-out dulu dari akun google.

Bawa Ke Teknisi Smartphone

Layanan perbaikan telepon profesional dapat mendiagnosis sebagian besar masalah dengan perangkat Android modern dan memperbaikinya. Selain itu, mereka dapat menghemat waktu Anda yang berharga dengan memeriksa perangkat Anda secara menyeluruh untuk menemukan kesalahan perangkat lunak dan perangkat keras.

Kasus handphone yang tidak dapat terhubung ke jaringan wifi biasanya juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada hardwarenya, entah itu dari IC WIFI, Ic CPU, Ic Power maupun Jalur yang terputus. Untuk itu kami menyarankan anda mendatangi tempat service handphone yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah kerusakan hardware.

Demikian tadi beberapa solusi yang dapat kami berikan untuk dapat mengatasi permasalahan handphone yang tidak dapat terhubung ke jaringan wifi. Kami berharap salah satu solusi diatas dapat menyelesaikan masalah anda.

Posting Komentar untuk "Wi-Fi Pada Ponsel Tidak Dapat Terhubung Ke Internet? Ini Solusinya"