Statistiche web Tanda Saatnya Mengganti Baterai Ponsel - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Saatnya Mengganti Baterai Ponsel

 


Baterai smartphone saat ini rata-rata dapat bertahan selama dua hingga tiga tahun. Karena umurnya yang begitu panjang, kebanyakan pengguna cenderung mengabaikan baterai pada smartphone mereka, bahkan ketika masa pakainya hampir habis. Mereka seolah mengabaikan tanda-tanda yang jelas bahwa sudah waktunya untuk mendapatkan baterai baru. Lantas apa saja tanda-tanda bahwa handphone anda sudah saatnya mengganti baterai? 

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri bahwa baterai smartphone anda sudah saatnya diganti:

Baterai cepat Habis

Rata-rata, baterai smartphone baru harus bertahan antara lima sampai delapan jam dengan kondisi baterai terisi penuh. Memang berkurangnya daya pada baterai ini tergantung pada berbagai faktor, seperti frekuensi penggunaan dan jumlah aplikasi yang menguras baterai.

Namun, jika baterai habis dalam dua jam atau kurang setelah diisi hingga 100%, mungkin baterainya sudah berkurang daya simpannya. Hal yang sama berlaku untuk perangkat yang menunjukkan penurunan tiba-tiba. Terkadang persentase baterai yang tampil akan selalu berubah-ubah. Kadang terlihat 30%, namun setelah di restart tiba-tiba berubah menjadi 40% atau lebih.

Handphone tidak mau hidup

Salah satu tanda paling jelas dari baterai yang gagal adalah smartphone tidak mau hidup. Jika baterai tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk perangkat, maka handphone pasti tidak mau menyala.

Namun, jika ponsel masih menunjukkan beberapa tanda getaran ketika di hidupkan, bisa jadi penyebabnya bukan dari baterai. Bisa jadi kondisi baterai hanya kosong saja, untuk memastikan hal tersebut anda perlu memeriksanya lebih lanjut.

Hp Mati Ketika digunakan Untuk Memfoto 

Ya ciri yang berikutnya adalah handphone tiba-tiba mati atau restart saat digunakan untuk menjepret kamera, terutama saat lampu flashnya dinyalakan. Selain itu, terkadang ketika anda sedang melakukan panggilan telepone, handphone tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Hal ini terjadi akibat melemahnya baterai. Ketika anda mendapati problem semacam ini, biasanya akan teratasi ketika baterai smartphone anda diganti dengan yang baru.

Saat handphone di Cas, Baterai Tidak Bertambah

Ketika anda melakukan pengecasan pada baterai smartphone, Kemudian setelah anda tunggu beberapa menit namun daya pada baterai tidak bertambah, Maka besar kemungkinan baterai ponsel anda mengalami kerusakan. 

Namun untuk memastikannya, anda sebelumnya sudah mencoba mengganti pengisi daya / chargernya terlebih dahulu, Siapa tahu dengan ganti charger, baterai anda dapat terisi.

Handphone Hanya bisa Menyala Sambil Di Cas

Ketika smartphone anda hanya bisa dinyalakan ketika sambil di cas maka anda patut curiga dengan baterainya. Anda bisa mencoba menghidupkan ponsel sambil menghubungkan pengisi daya, Jika Handphone langsung mati begitu charger dicabut, berarti baterainya mengalami kerusakan dan harus diganti.

Baterai terlalu panas

Suhu rata-rata yang disarankan untuk baterai ponsel cerdas adalah antara 68 dan 86 derajat. Memang Ponsel masih dapat bekerja di atas kisaran ini, tetapi itu akan merusak masa pakai baterai secara keseluruhan. Karena itu, jika perangkat panas saat disentuh, mungkin sudah saatnya membeli baterai baru.

Baterai menggembung

Masalah umum lainnya pada smartphone saat ini adalah layar LCD yang cenderung keluar dari posisinya. Biasanya hal ini disebabkan oleh faktor baterai yang membengkak. Karena sudah tidak ada ruang yang cukup didalam, maka baterai yang membengkak akan mendorong layar LCD. Kadang Apabila bengkaknya sudah terlalu besar, LCD bisa sampai retak / Pecah.

JIka ini yang terjadi, Ganti baterai anda untuk mencegah kerusakan lebih lanjut atau lebih fatal lagi. Beberapa smartphone diketahui meledak dan terbakar dari baterai yang buruk, menghancurkan komponen penting dan bisa sampai melukai pengguna. Karena itu, jika perangkat mulai terlihat menonjol, segera hentikan penggunaannya dan bawa ke spesialis perbaikan telepon terdekat.

Penutup

Demikian tadi artikel tentang "Tanda Saatnya Mengganti Baterai Ponsel". Jika memang sudah saatnya ponsel anda waktunya mengganti baterai. Janganlah menunda-nudanya, karena justru dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah lagi.

FAQ

Berapa lama umur rata-rata baterai smartphone?

Umur rata-rata baterai smartphone adalah dua hingga tiga tahun.

Apa saja ciri-ciri bahwa baterai smartphone sudah saatnya diganti?

Beberapa ciri-ciri baterai smartphone yang sudah saatnya diganti antara lain: cepat habis, tidak mau hidup, mati ketika digunakan untuk memfoto, tidak bertambah saat di-cas, hanya bisa menyala sambil di-cas, terlalu panas, dan menggembung.

Apa yang harus dilakukan jika baterai smartphone cepat habis?

Jika baterai smartphone cepat habis, bisa mencoba menonaktifkan fitur yang tidak terpakai, mengurangi kecerahan layar, atau mengganti baterai yang baru.

Apa yang harus dilakukan jika baterai smartphone tidak mau hidup?

Jika baterai smartphone tidak mau hidup, bisa mencoba mengisi ulang baterai atau membawa ke spesialis perbaikan telepon.

Bagaimana cara mengetahui apakah baterai smartphone rusak?

Bisa mencoba mengganti charger terlebih dahulu, jika masih tidak bertambah daya saat di-cas atau hanya bisa menyala sambil di-cas, kemungkinan besar baterai smartphone rusak.

Apa yang harus dilakukan jika baterai smartphone menggembung?

Jika baterai smartphone menggembung, segera hentikan penggunaan dan bawa ke spesialis perbaikan telepon untuk mengganti baterai.

Posting Komentar untuk "Tanda Saatnya Mengganti Baterai Ponsel"