Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Samsung A10s Wifi Dan Bluetooth Tidak Mau Menyala

Samsung A10s Wifi Dan Bluetooth Tidak Mau Menyala

Ketika smartphone seperti Samsung Galaxy A10s tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi Dan Bluetooth , tentu hal ini akan sangat membuat pengguna merasa tidak nyaman. Gangguan dan hal-hal seperti ini sering terjadi. Sebagian besar mungkin karena masalah pada firmware yang memengaruhi fungsionalitas layanan nirkabel ponsel Anda. Dan sebagian besar mungkin karena terjadi kerusakan pada bagian hardware-nya.

Pada Postingan kali ini, rafidhcell tidak akan membahas mengenai kerusakan software, melainkan masalah hardware pada samsung A10s yang wifi & bluetoothnya tidak mau dinyalakan..Dalam postingan ini, saya akan memandu Anda terkait kerusakan IC WIfi & Bluetooth yang sering dialami oleh ponsel samsung type ini.

Memecahkan masalah Galaxy A10s yang tidak terhubung ke WiFi Dan Bluetooth

Saat memecahkan masalah ponsel cerdas yang memiliki beberapa masalah terkait konektifitas, Anda harus teliti sehingga Anda dapat menentukan secara akurat apa masalahnya dan memperbaikinya tanpa kehilangan beberapa file atau data penting. Untuk kasus ini, kami menyarankan untuk anda yang sudah berpengalaman dalam mengganti komponen IC pada smartphone.

Samsung galaxy A10s yang mengalami kendala tidak dapat menyalakan wifi dan bluetooth ini disebabkan oleh kerusakan pada IC MT6631N. Ic inilah yang bertugas untuk menangkap jaringan wifi dan bluetooth, jika ic ini mengalami kerusakan, tentunya samsung A10s tidak akan dapat menangkap jaringan wifi dan bluetooth. Jangankan untuk menangkap jaringan , dinyalakan saja tidak akan mau.Ketika anda mencoba menggeser switch wifi maupun bluetooth, maka switch tersebut akan selalu kembali ke posisi off.

Utuk mengganti Ic MT6631N, anda harus terlebih dahulu membongkar backdoor samsung A10s, kemudian copot semua scrub dan lepaskan semua soket yang terpasang. Kemudian copotlah kaleng penutup IC MT6631N. Untuk letak Ic ini, anda bisa lihat pada gambar dibawah: 

Setelah anda lepaskan kaleng penutup, silahkan anda copot langsung IC MT6632N, kemudian bersihkan sisa-sisa timah pada mainboard menggunakan solder wick dan flux yang bagus. karena dengan solder wick dan flux yang bagus, timah akan dengan mudah dibersihkan. Setelah dirasa sudah bersih, sikatlah menggunakan cairan pembersih PCB.

Pasang IC pengganti berdasarkan titik yang sudah ditentukan. Untuk gambar posisi titik IC MT6632N pada samsung A10s, anda bisa melihatnya pada gambar dibawah :

Setelah anda ganti IC MT6632N, silahkan rangkai kembali mesin samsung A10s kemudian nyalakan handphone-nya. Silahkan coba untuk menghidupkan switch wifi dan bluetooth, apabila berhasil, barulah anda pasang seumua komponen samsung A10s termasuk backdoor atau tutup belakangnya.

Demikian tadi artikel tentang " Solusi Samsung A10s Wifi Dan Bluetooth Tidak Mau Menyala". Jika anda belum yakin melakukan pergantian IC ini, silahkan anda bawa ke tempat service yang sudah berpengalaman dalam menangani kerusakan hardware smartphone.

M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Solusi Samsung A10s Wifi Dan Bluetooth Tidak Mau Menyala"