Statistiche web Cara Memperbaiki "Kesalahan Saat Mengunduh Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Android - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki "Kesalahan Saat Mengunduh Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Android

 

"Kesalahan Saat Mengunduh Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat"

Smartphone Android merupakan smartphone yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Karena jumlah pengguna yang tinggi, ada konsumsi besar Aplikasi di Android. Sumber aplikasi yang paling penting di Android adalah Google Play Store. 

Google Play Store merupakan marketplace digital perusahaan. Google Play yang biasanya secara default sudah diinstal di ponsel maupun tablet Android, TV Android dan perangkat Google TV. Google Play Store juga dapat diakses secara online melalui browser web, baik itu google crhome, opera mini dll.

Ini adalah salah satu alasan utama kesuksesan Android karena katalog Aplikasinya yang sangat besar. Dengan toko Google Play, hanya dalam beberapa ketukan saja anda sudah dapat mendownload berbagai macam aplikasi maupun game yang anda sukai. Selain itu, google play juga dapat digunakan untuk update atau pembaruan aplikasi yang sudah usang.

Namun terkadang kita pasti pernah menemui kendala ketika kita mau mengunduh ataupun meng-update aplikasi lewat play store. Salah satu kesalahan yang sering dialami di Google Play Store adalah "Kesalahan Mengunduh tidak cukup ruang di perangkat". Banyak pengguna mengalami kesalahan seperti ini bahkan ketika mereka memiliki ruang kosong di perangkat mereka. ini jelas terasa mengganggu dan membuat anda merasa tidak nyaman.

Jika Anda menghadapi masalah "Kesalahan Saat Mengunduh Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di perangkat android Anda, disini rafidhcell akan mencoba memberikan solusi sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bagi anda yang saat ini sedang mencari solusi untuk mengatasi permasalahan error "Kesalahan Mengunduh ada tidak cukup ruang pada perangkat", Silahkan ikuti langkah-langkah yang kami sajikan di bawah ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki "Kesalahan Mengunduh Ada Tidak Cukup Ruang Di Perangkat" Di Android?

Metode Pertama

Jika Anda kehabisan penyimpanan di smartphone Android Anda, berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian coba untuk membantu mengatasi "Kesalahan Saat Mengunduh Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat". Kemudian, Anda dapat melanjutkan menginstal aplikasi di perangkat Android Anda dari Google Play store tanpa ada pesan kesalahan lagi yang muncul. Dan berikut ini cara yang pertama :

  • Copot pemasangan aplikasi yang dirasa tidak penting dan jarang digunakan
  • Hapus Cache.
  • Hapus file sampah.
  • Pindahkan media seperti music, foto, video dll ke kartu SD.
  • Transfer foto ke penyimpanan cloud seperti google drive dll.
  • Hapus Data dari aplikasi yang jarang digunakan.
Setelah anda selesai melakukan metode diatas, anda bisa merestart perangkat kemudian silahkan dicoba lagi mengunduh / meng-update aplikasi dari google play store. Namun jika cara pertama belum dapat menyelesaikan masalah anda, silahkan lanjut ke cara kedua dibawah.

Metode Kedua

Bahkan jika Anda memiliki penyimpanan yang cukup tersedia di perangkat Android Anda, Google play store mungkin menunjukkan“Error Downloading There Is Insufficient Space On Device”, dan berikut adalah metode untuk memperbaikinya.

Langkah 1. Buka Pengaturan > Aplikasi.

Langkah 2. Geser ke "Semua aplikasi".

Langkah 3. Silakan gulir ke aplikasi google play store dan buka.

Langkah 4. Klik "Hapus Cache" & "Hapus Data"

Langkah 5. Nyalakan ulang ponsel Anda.

Silahkan dicoba lagi mengunduh / meng-update aplikasi dari google play store. Namun jika cara kedua masih belum dapat menyelesaikan masalah anda, silahkan lanjut ke cara ketiga dibawah.

Metode Ketiga

Jika Metode Pertama dan Kedua Tidak bekerja untuk Anda, maka Anda perlu menginstal ulang aplikasi Google Play store Anda.

Langkah-langkah Untuk Menginstal Ulang Play Store Untuk Memperbaiki Kesalahan Mengunduh Ada Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” adalah:

Langkah 1. Buka Aplikasi Browser, bisa Google Crhome ataupun Browser yang lainnya

Langkah 2. Pada kolom pencarian, Ketikkan " play update apk" kemudian tekan Enter

Langkah 3. Silakan gulir ke abawah kemudian klik Link  https://google-play.id.uptodown.com/android

Langkah 4. Klik Versi Terbaru Kemudian Unduh tunggu hingga selesai

Langkah 5. Aktifkan sumber tidak dikenal pada menu pengaturan

Langkah 6. Silahkan buka hasil unduhan kemudian instal google-play.apk

Kini anda sudah berhasil memperbarui aplikasi google playstore, Silahkan buka aplikasi play store kemudian coba lagi mengunduh / meng-update aplikasi. Sampai disini seharusnya error sudah muncul lagi.

Sebagai kesimpulan, Kami sangat berharap panduan di atas membantu Anda memperbaiki "Kesalahan Saat Mengunduh Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" untuk Google Play Store Anda. Bagi anda yang belum berhasil dengan cara diatas, silahkan anda tanyakan di kolom komentar, kami akan berusaha membantu menyelesaikan kendala yang anda alami.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki "Kesalahan Saat Mengunduh Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Android"