Statistiche web Penyebab Munculnya Mode Aman Pada Smartphone Android - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Munculnya Mode Aman Pada Smartphone Android


Mode Aman adalah mekanisme pemecahan masalah yang terdapat di perangkat smartphone Android. Setiap kali Anda merasa bahwa aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan perangkat Anda menjadi lambat dan bahkan mengalami crash pada beberapa kesempatan, mode aman dapat memungkinkan Anda untuk mengatasinya. Ya, Karena dalam mode Aman, semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan, sehingga Anda hanya memiliki beberapa aplikasi saja yang bisa dijalankan, aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan sistem yang sudah diinstal sebelumnya.

Fungsi Mode Aman / Safe Mode Pada Android 

Mode Aman / Safe Mode ini umumnya di fungsikan untuk mengetahui apakah penyebab error adalah aplikasi pihak ketiga atau bukan. Jika perangkat Anda mulai bekerja dengan lancar dalam mode Aman, maka dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah aplikasi pihak ketiga. Dengan demikian, Mode aman adalah cara yang paling efektif untuk mendiagnosis penyebab masalah pada perangkat Anda. Setelah di ketahui penyebabnya, Anda dapat kembali mematikan mode aman dan reboot lagi ke mode normal.

Namun bagaimana jika perangkat ponsel anda terjebak di mode aman dan tidak bisa kembali ke mode normal?. Inilah yang akan kita bahas kali ini. Yaitu tentang ponsel yang tiba-tiba masuk ke mode aman dengan sendirinya, tanpa kita sengaja dan kita tidak mengetahui pasti apa penyebabnya.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan Handphone masuk ke Mode Aman

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan ponsel android anda terjebak pada mode aman / Safe Mode Antara lain :

1. Kerusakan Baterai

Ya benar! Kerusakan baterai pada smartphone dapat menyebabkan perangkat terjebak pada mode aman. Hal ini sering kami jumpai, terutama pada perangkat dengan baterai Removable. Namun untuk smartphone yang menggunakan baterai Tanam, hal itu sudah jarang sekali kita jumpai. 

Untuk mengetahui apakah baterai adalah penyebabnya, cobalah untuk mencopot baterai dan coba bersihkan kaki-kaki pada pin baterai, kemudian pasang dan coba hidupkan lagi perangkat smartphone anda. Apabila dengan cara ini mode aman sudah tidak muncul, berarti memang baterailah penyebabnya.

2. Kerusakan Pada Tombol Volume 

Cara masuk ke mode aman pada android adalah dengan menekan tombol power di barengi dengan menekan tombol volume. Jika Tombol volume pada perangkat mengalami kerusakan ataupun tidak sengaja tertekan saat anda menghidupkan daya smartphone, maka handphone akan masuk ke Mode Aman / Safe Mode.

Untuk mengetahui apakah tombol volume adalah penyebab munculnya mode aman pada perangkat android, anda bisa mencoba menekan-nekan tombol volume sebelum ponsel anda nyalakan. Atau anda juga bisa mencoba untuk melepaskan fleksible tombol volume apabila ponsel yang anda gunakan memakai tombol volume yang dapat di lepas-pasang.

3. Error File System

Error File System juga dapat menjadi penyebab perangkat smartphone terjebak di mode aman. Error ini ada beberapa faktor yang menyebabkannya, antara lain karena adanya Virus, Malware ataupun adanya aktifitas yang tidak wajar pada perangkat, Entah itu oprek system maupun rooting yang dilakukan pengguna. Sehingga menyebabkan sytem android menjadi crach yang menyebabkan munculnya mode aman.

Untuk mengatasi permasalahan mode aman yang disebabkan error file system, anda bisa mencoba dari hal yang paling mendasar dulu yaitu restart perangkat. Ya terkadang mode aman ini bisa hilang ketika perangkat di restart atau nyalakan ulang.

Namun apabila restart belum menyelesaikan masalah, anda bisa coba untuk melakukan hard reset atau flashing dengan firmware terbaru.

4. Kerusakan Pada Mesin

Tidak jarang error munculnya mode aman ini disebabkan oleh kerusakan mesin. Namun sebelum kita memvonis kerusakan mesin, anda harus terlebih dahulu mencoba ketiga cara diatas. Apabila ketiga cara diatas tidak juga bisa menyelesaikan kasus mode aman pada ponsel anda, barulah anda bisa memvonis penyebabnya adalah kerusakan mesin.

Jika penyebabnya benar adalah kerusakan pada mesin, silahkan bawa ponsel anda ke ahlinya. Carilah tukang service yang sudah berpengalaman dalam menangani kerusakan hardware android di kota anda.

Demikian tadi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat menjawab dan menjadi solusi untuk kasus mode aman yang anda alami. 

Posting Komentar untuk "Penyebab Munculnya Mode Aman Pada Smartphone Android"