Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Oppo Neo 3 R831k Bootloop Bandel

Mengatasi Oppo Neo 3 R831k Bootloop Bandel

Pada kesempatan kali ini rafidhcell  akan membagikan tutorial untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada perangkat oppo R831K. Yaitu permasalahan terkait software seperti bootloop, hang logo atau restart yang sangat bandel.

Oppo R831K ini termasuk kategori ponsel low end, itu bisa dilihat tentu nya dari harga yang sangat terjangkau dan juga dari spesifikasi hardware nya. Untuk harga baru ketika dulu pertama launching pada Agustus 2014 memang agak lumayan tinggi jika dibandingkan sekarang Oktober 2017 tentunya seiring dengan perkembangan ponsel2 terbaru dengan harga serupa yaitu yang dibanderol kurang lebih sekitar 1.8jt an. Kalau kita lihat dari spesifikasi nya ponsel ini dibekali CPU Mediatek MT6572 Dual-core 1.3 GHz Cortex-A7 dengan internal storage sebesar 4GB dan RAM dengan kapasitas sebesar 1GB.

Hanya berbekal spek seperti itu, ponsel ini pasti sering dipaksa bekerja sangat keras muali dari Multitasking sampai gaming. Hal ini lah yang sering menjadi pemicu datang nya masalah pada ponsel tersebut dan juga ditambah perilaku cara pengecasan yang salah dari pemilik ikut andil.Masalah yang sering muncul diantaranya yaitu bootloop bahkan sampai mati total secara tiba2.

Kali ini saya coba bahas lebih jauh tentang masalah bootloop atau hang logo. Untuk kasus bootloop ini saya biasanya kategorikan menjadi 2, yaitu bootloop software & bootloop hardware. Untuk menganalisa nya bisa kita lihat dari ciri2 atau karakteristik bootloop nya itu sendiri.

 Bootloop Software

  • Indikator charging masih jalan ketika ponsel di cas
  • Masih bisa masuk recovery mode dan bisa dilakukan factory reset
  • Kalau punya dongle Infinity CM2, bisa kita lakukan identify & run test emmc. Jika hasil test emmc failed, sudah bisa dipastikan eMMC yg sudah bermasalah

Bootloop Hardware
  • Ketika dicas, indikator charging tidak jalan atau restart
  • Masih bisa masuk recovery mode tapi factory reset gagal / failed
  • Sudah tidak bisa masuk recovery mode
  • Ketika dilakukan flashing, proses nya sampai 100% tapi error di chceksum nya.
Kebetulan kali ini saya ada garapan Oppo R831K bootloop yang indikator charging nya masih jalan dan masih bisa masuk recovery mode serta masih bisa di factory reset. Dilihat dari ciri2nya tentu sudah bisa kita kategorikan kalau kerusakan ini masuk kategori bootloop software. Untuk penanganan nya kita lakukan proses flashing menggunakan SPFlashtool, berikut tutorial nya :

 Siapkan bahan2nya

Berikut Ini langkah-Langkah Flash Oppo R831K

  1. Buka SPFlashtool, masuk menu option ( CTRL + O ) pilih download, ceklis DA DL all with checksum. Fungsi chekcsum ini adalah untuk mem-validasi apakah proses flashing ini firmware nya masuk ke hp nya atau hanya lewat saja.
  2. Pilih tab download, Scatter loading kemudian arahkan ke folder firmware dan pilih file scatter nya
  3. Pilih menu download, firmware upgrade atau format all + download.(disini saya pilih fw upgrade)
  4. Klik Download, HP kondisi mati kemudian tekan & tahan volume atas, colok USB. Tunggu sampai proses selesai dengan ciri ada muncul logo ceklis besar dengan keterangan OK.
Catatan :
  • Menu download dipilih ketika kondisi versi firmware di hp sama dengan versi firmware yang mau kita flash
  • Menu firmware upgrade dipilih ketika kondisi firmware di hp tidak sama dengan versi firmware yang mau kita flash. Syarat nya firmware nya harus full.
  • Menu format all + download dipilih ketika kita mau mem format semua struktur partisi ponsel di emmc, termasuk partisi bootloader dan security
Demikian tadi tutorial tentang cara mengatasi bootloop bandel pada handphone oppo Neo 3 R831K.Semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar ya! Terimakasih

 

M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

1 komentar untuk "Mengatasi Oppo Neo 3 R831k Bootloop Bandel"

  1. nice info here, thanks for sharing this one very helfully

    BalasHapus