Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Mode Aman pada Samsung A51 | Kerusakan Hardware

 Hallo sobat rafidhcell, kali ini saya akan membagikan pengalaman dalam menangani kasus kerusakan hardware pada perangkat samsung A51 yang mengalami kendala mode aman. Jadi permasalahannya adalah ketika handphone ini dinyalakan, terdapat tulisan Mode Aman yang selalu muncul yang terletak di sebelah kiri-bawah layar samsung A51.

Apa Itu Mode Aman?

Mode Aman atau biasa disebut Safe Mode pada smartphone atau tablet Samsung memungkinkan sobat untuk memaksa perangkat menjalankan sistem operasi penting, kemudian menonaktifkan sebagian besar aplikasi pihak ketiga. Mode aman ini dirancang sebagai alat diagnostik untuk membantu memecahkan masalah dengan konektivitas, masa pakai baterai, dan lainnya.

Sobat dapat menggunakan Mode Aman untuk menguji apakah aplikasi pihak ketiga menyebabkan iklan muncul di perangkat smartphone atau tablet, atau mungkin ada sesuatu yang mengganggu panggilan masuk dan keluar. Aplikasi yang tidak resmi juga dapat menggunakan data seluler dalam jumlah yang sangat besar.

Safe Mode akan membatasi akses data seluler ke aplikasi pihak ketiga sepenuhnya. Sobat masih dapat membuat dan menerima panggilan telepon dan pesan dalam Mode Aman, akan tetapi, beberapa aplikasi tidak akan berjalan pada kondisi handphone yang dalam keadaan Mode aman.

Sedikit Cerita

Sebelum handphone samsung a51 punya user ini di bawa ke tempat service rafidhcell, sudah ada 2 tempat service yang pernah menangani kasus mode aman pada handphone ini. Dan si user menyampaikan, kalau kedua konter tersebut memvonis kerusakan pada IC CPU nya. Namun karena pertimbangan biaya yang mahal, akhirnya handphone ini tidak jadi di service di kedua tempat service tersebut.

Akhirnya handphone ini dibawalah sama si pemilik ke tempat saya. Setelah saya terima, langsung saya lakukan pembongkaran backdoor terlebih dahulu, untuk mengecek apa saja yang sudah dikerjakan pada handphone tersebut. dan setelah saya lakukan pengecekan, memang sudah di angkat kedua kaleng penutup yang letaknya dekat Pin Volume. Lihat gambar :

Gambar 1: Area Jalur Volume

Langkah-Langkah Analisa Samsung A51 yang mengalami kendala Mode aman

Sebelum sobat mem-praktekkan tutorial yang akan saya bagikan, sebaiknya sobat coba maksimalkan terlebih dahulu perbaikan pada bagian software-nya, entah itu mencoba restart perangkat, hard reset ataupun flashing. Apabila dirasa perbaikan dari software tidak dapat menyelesaikan masalah, barulah sobat mencoba tutorial yang akan saya bagikan ini.

Berikut Ini langkah-Langkah yang saya kerjakan
  1. Nyalakan handphone tanpa menggunakan switch/ Fleksibel. Hal ini untuk mengecek apakah mode aman ini disebabkan oleh kerusakan fleksible volume atau bukan. Caranya yaitu, hubungkan kedua titik jalur on off menggunakan pinset. Untuk jalur on off bisa dilihat pada gambar dibawah :
    jalur On Off Samsung A51
    Gambar 2 : Jalur On Off Samsung A51

  2. Setelah samsung A51 menyala, cek apakah tulisan mode aman masih ada atau tidak. Apabila masih ada, berarti kerusakan bukan di sebabkan oleh tombol fleksible-nya. Lanjut ke cara berikutnya !
  3. Lakukan pengecekan komponen menggunakan Avometer. cek pada area yang sudah di bongkar kalengnya seperti gambar 1. Cek apakah ada komponen yang short atau tidak, terutama pada bagian resistor yang berwarna hitam.
  4. Pada kasus yang saya tangani, saya mendapati ada satu komponen resistor yang mengalami konslet/Short. Setelah saya cek, kedua jalur tersebut nge-ground.

  5. Angkat resistor yang short tersebut, kemudian cek jalurnya apakah masih short atau tidak.
  6. Setelah sobat pastikan jalurnya tidak short, gantilah komponen resistor tersebut dari bangkaian Hp lain. Karena kalau resistor ini tidak di ganti, handphone akan tetap masuk mode aman.
  7. Kalau pada kasus saya, saya ambil resistor dari bangkai samsung S7 Edge. 
  8. Sobat cari saja Resistor dari bangkai hp samsung. Carilah resistor yang ukuran dan bentuknya sama persis.
  9. Pasang resistor pengganti tersebut, kemudian cek lagi kedua kutupnya apakah masih short atau tidak
    Mode Aman Samsung A51
    Setelah Resistor Diganti

  10. Apabila sudah tidak short, rangkai lagi handphone-nya kemudian nyalakan.
  11. Pada kasus yang saya kerjakan, masalah terselesaikan dengan cara mengganti resistor tersebut.
  12. Semoga cara ini juga sukses buat sobat semua.
Demikian tadi artikel tentang Cara Mengatasi Mode Aman pada Samsung A51 | Kerusakan Hardware. Kasus mode aman pada samsung a51 bisa saja disebabkan oleh hal lain. Tutorial yang saya bagikan ini semata-mata untuk berbagi pengalaman saja. Semoga bermanfaat
M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Mengatasi Mode Aman pada Samsung A51 | Kerusakan Hardware"