Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Kerusakan IC EMMC Ponsel Android

 

Ciri-ciri Kerusakan IC EMMC Ponsel Android

Pada kesempatan kali ini Rafidh Cell akan membahas mengenai ciri-ciri kerusakan IC EMMC pada smartphone Android secara umum. EMMC merupakan kepanjangan dari Embedded Multi-Media Controller, ini merupakan media penyimpanan berkecepatan tinggi dan juga sebagai modul pengontrol, dimana penyimpanan dan pengontrol media berada pada satu chip atau IC.

Menggunakan ponsel Android memang menyenangkan, banyak sekali aktivitas dan aktivitas yang bisa kita lakukan.Kita bisa bermain game, mendengarkan musik, berinteraksi dengan teman, dan banyak hal lain yang bisa kita lakukan. Namun dari kecanggihan sebuah handphone android, kita juga harus memahami dan menyadari bahwa semua perangkat elektronik.Apalagi ponsel android memiliki batasan lifetime terutama pada bagian komponen khususnya IC eMMC. 

Berikut ini akan dijelaskan beberapa Ciri-ciri kerusakan IC EMMC handphone android

1. ANDROID TIDAK BISA RESET PABRIK/WIPE DATA

Ketika kamu merasakan kinerja hp android yang mulai melambat dan mencoba melakukan factory reset atau wipe data tapi gagal, sepertinya itu adalah gejala dari IC EMMC yang mulai rusak.

2. FLASHING MELALUI KOMPUTER (PC) TAPI GAGAL

Sudah flashing dengan benar dan juga menggunakan firmware yang sesuai dengan tipe hp android yang anda miliki namun tetap gagal walaupun status proses flashing dinyatakan berhasil.

3. PESAN NOTIFIKASI SERING MUNCUL "SAYANGNYA APLIKASI TELAH BERHENTI"

Pesan notifikasi seperti ini seringkali disebabkan oleh IC eMMC yang lemah sehingga tidak dapat menjalankan perintah dari suatu aplikasi dengan baik.

4.HANG LOGO, BOOTLOOP ATAU REBOOT SENDIRI

Dalam kasus gejala seperti ini, sangat darurat shutter ponsel android Anda tidak lagi dapat melakukan booting dengan sempurna untuk masuk ke menu utama perangkat android.

Padahal sistem operasi atau OS Android masih berdiri dan kostum ROM belum pernah dibuat

5. INSTAL APLIKASI SELALU GAGAL

Kegagalan saat menginstal aplikasi disebabkan melemahnya IC eMMC yang bahkan IC eMMC tidak dapat menulis data. Dan selalu error karena NAND flash yang tidak bisa melakukan rewrite dari controller yang terhubung ke IC eMMC.

Mungkin itu saja informasi yang bisa diberikan mengenai gejala kerusakan IC EMMC pada hp android. Mungkin bisa bermanfaat untuk anda dan bisa lebih baik lagi dalam menggunakan hp android untuk meminimalisir kerusakan.

6. STUCK DI RECOVERY MODE ATAU DOWNLOAD MODE

Ketika anda menyalakan smartphone dan tidak dapat masuk ke menu utama, biasanya hal ini juga bisa jadi salah satu ciri kerusakan ic EMMC. 

Biasanya anda akan menjumpai tulisan kecil-kecil di layar, yang menandakan bahwa handphone tidak dapat manjalankan proses booting, dan proses boot akan beralih ke recovery mode, Odin mode atau fastboot mode.

Demikian tadi artikel tentang Ciri-ciri Kerusakan IC EMMC Ponsel Android, ini berlaku untuk semua merk dan type ponsel seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, vivo, Huawei, Realme, Sony, Advan, Mito, Infinix, HTC, LG, Smartfrend, Lenovo DLL.
M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Kerusakan IC EMMC Ponsel Android"