Statistiche web Keyboard Ponsel Android Tidak Muncul | Berikut Ini Solusinya - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keyboard Ponsel Android Tidak Muncul | Berikut Ini Solusinya

 

Keyboard Ponsel Android Tidak Muncul

Keyboard ponsel Android yang tidak muncul adalah masalah yang terkadang dihadapi sebagian besar pengguna Android,beberapa diantara kalian mungkin pernah mengalami masalah tidak melihat keyboard di ponsel yang kalian gunakan.

Keyboard merupakan aplikasi Android yang menjadi bagian pokok dari fungsionalitas ponsel. Kami menggunakannya untuk mengirim email, menulis catatan, berkirim pesan, menulis dokumen, dan mencari berita terbaru di Google. Dengan tidak munculnya keyboard pada ponsel, Tentunya hal ini akan membuat anda merasa frustasi.Masalah tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk aplikasi yang telah dinonaktifkan atau ada yang salah dengan pengaturan ponsel Anda.

Untungnya beberapa langkah pemecahan masalah sederhana dapat membantu masalah ini jika Anda menghadapinya lagi di masa mendatang.

Cara Memperbaiki Keyboard Ponsel Android Yang Tidak Muncul / Hilang

Sebelum membagikan solusi, kami ingin membagikan kemungkinan alasan mengapa keyboard Android Anda tidak muncul di layar.

Mengapa keyboard android tidak muncul?

Jika Anda tidak melihat keyboard di perangkat Android Anda, tidak perlu khawatir. Ada beberapa penyebab di balik permasalahan itu; langkah pemecahan masalah sederhana dapat anda lakukan dengan mudah untuk memperbaikinya.

Pada beberapa kasus, penyebab semua itu karena ada aplikasi pihak ketiga yang terpasang di ponsel Anda yang memblokir tampilan keyboard. Terkadang ini bisa terjadi jika Anda mengunduh aplikasi gratis dan tidak kompatibel dengan versi sistem operasi Android Anda.

Cara Mengatasi Keyboard Ponsel Android Yang Tidak Muncul

Masalah utama yang bisa terjadi dengan keyboard adalah ketika tidak muncul sama sekali. Pengguna biasanya akan melihat ruang kosong di mana keyboard seharusnya berada. Bisa jadi karena aplikasi yang berjalan di latar belakang, yang memblokir akses ke keyboard.

Langkah-langkah yang mudah diikuti ini akan membantu menyelesaikan semua masalah terkait tidak adanya keyboard di ponsel Android dan membuatnya berfungsi dengan baik lagi hanya dalam beberapa langkah saja.

1. Mulai ulang Perangkat Anda

Jika keyboard Anda tidak muncul sama sekali, Anda harus me-restart perangkat Anda terlebih dahulu. Ini adalah cara termudah yang dapat anda coba. Cukup tahan tombol daya pada perangkat Anda sampai muncul beberapa opsi, kemudian pilih Mulai Ulang/restart. Setelah restart, Anda akan menemukan keyboard Anda siap untuk digunakan. Namun Jika memulai ulang perangkat Anda belum memperbaiki masalah, Anda harus mencoba dengan cara kedua.

2. Bersihkan Cache

Menghapus cache dan data aplikasi dapat membantu menyelesaikan masalah apa pun yang penyebabnya berasal dari aplikasi. Aplikasi ponsel Anda berjalan di latar belakang, dan terkadang ada konflik/crash di antara mereka yang dapat menyebabkan masalah, salah satunya tidak munculnya keyboard pada perangkat.

Menghapus cache dan data aplikasi adalah ide yang bagus karena akan menghapus semua perubahan yang dibuat pada file tertentu di ponsel Anda. Ini termasuk pengaturan dan preferensi pribadi lainnya dari aplikasi di ponsel Anda. Langkah ini hanya diperlukan jika Anda melihat masalah seperti ini di ponsel Anda.

Ini adalah prosedur sederhana dan cepat yang akan menghapus cache dan data aplikasi keyboard. Anda bisa mengikuti petunjuk di bawah ini untuk memulai proses ini:

Buka "Pengaturan" di ponsel Anda, gulir ke bawah ke "aplikasi" dan ketuk di atasnya.

Gulir ke bawah ke aplikasi yang dimaksud (biasanya disebut "metode input") dan ketuk di atasnya.

Ketuk Penyimpanan> Hapus Data dan Cache.

3. Copot dan Instal Ulang Aplikasi Keyboard

Jika keyboard tidak muncul di ponsel Android, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk memperbaiki masalah tersebut. Aplikasi keyboard harus dihapus dan kemudian diinstal ulang. Ini akan memperbaiki bug atau gangguan apa pun di aplikasi, yang dapat mengganggu fungsinya.Namun apabila keyboard anda adalah aplikasi bawaan dari ponsel, anda hanya dapat menonaktifkannya saja.

Untuk melakukan ini, yang terbaik adalah masuk ke menu pengaturan telepon. Dari sana, pilih "aplikasi". Ini akan memberikan daftar semua aplikasi yang berjalan dan diinstal di telepon. Gulir sampai aplikasi keyboard ditemukan dan klik "uninstall". Mungkin ada pop-up yang menanyakan apakah Anda yakin ingin mencopot pemasangan, pilih "ya" dan keyboard akan dicopot pemasangannya.

Setelah ini selesai, anda dapat mengunduh aplikasi keyboard di google playstore, karena saat ini anda tidak dapat mengetikkan perintah, anda dapat menggunakan perintah suara pada sebelah kanan kolom pencarian play store.

Klik pada kolom pencarian play store, kemudian klik Icon microphone yang letaknya di sebalah kanan, kemudian anda Ucapkan "Keyboard", anda akan melihat beberapa pilihan keyboard yang dapat anda unduh dan instal. Pilihlah Gboard atau Go keyboard atau aplikasi keyboard apapun yang terbaik menurut anda. Pilih Instal dan tunggu proses pengunduhan dan instalasinya sampai selesai.

Sampai disini, seharusnya anda sudah dapat melihat keyboard anda, Cobalah gunakan untuk mengirim pesan whatsap, atau menulis di catatan. Apabila keyboard anda sudah muncul dan dapat digunakan kembali, ada baiknya anda menerapkan langkah berikutnya agar tidak terjadi masalah lagi kedepannya. Anda bisa mencegahnya ldengan langkah-langkah dibawah;

4. Perbarui Sistem Operasi Android Anda

Biasanya, Anda dapat mengatasi masalah keyboard yang tidak terlihat dengan menginstal pembaruan untuk sistem operasi Anda. Ini juga akan mencegah terjadinya masalah keamanan jika Anda selalu memperbarui ponsel Anda.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk memperbarui telepon Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Pengaturan dan pilih perangkat. Pilih pembaruan perangkat lunak dari sana. Anda juga dapat pergi ke pengaturan dan gulir ke bawah hingga Anda melihat "perbarui sekarang" di bawah Pembaruan Sistem.

Setelah Anda melihat ada pembaruan, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pembaruan.

Setelah telepon Anda selesai memperbarui, perangkat akan restart, dan Anda sudah menyelesaikan pembaruan pada perangkat.

5. Kosongkan Penyimpanan

Ada banyak alasan berbeda mengapa keyboard mungkin tidak muncul, dan panduan ini akan membantu memperbaiki sebagian besar dari mereka. Namun, jika ruang di ponsel terlalu sedikit, ada cara untuk mengosongkan ruang dengan menghapus pesan lama atau menghapus video lama yang tidak Anda buka.

Mengosongkan penyimpanan dapat dilakukan dengan menghapus aplikasi latar belakang. Ini akan memungkinkan keyboard untuk ditampilkan. Dengan asumsi ponsel berjalan di Android, tekan tombol "Pengaturan", lalu buka "Penyimpanan". Untuk mengosongkan penyimpanan, Anda harus mencari tahu apakah Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi apa pun. Selain itu, dimungkinkan untuk menghapus cache aplikasi tertentu.

Penutup

Sebuah ponsel Android dapat mengalami berbagai masalah. Masalah utama adalah ketika keyboard tidak muncul sama sekali. Ini sering disebabkan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang yang memblokir akses ke aplikasi keyboard. langkah-langkah yang mudah diikuti yang akan menyelesaikan masalah ini sudah anda dapatkan, dan semoga itu dapat membantu.

Posting Komentar untuk "Keyboard Ponsel Android Tidak Muncul | Berikut Ini Solusinya"