Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ponsel Android Hang, layar Macet dan Tidak Respon? Mari kita perbaiki masalahnya

 

Ponsel Android Hang, layar Macet dan Tidak dapat di gerakkan

Rafidhcell - Seperti halnya dengan komputer, Smartphone terkadang juga berhenti merespons. Aplikasi atau kesalahan sistem operasi dapat membuat ponsel Android Anda berhenti bekerja. Koneksi internet yang lambat atau terputus dapat menyebabkan hal yang sama. Jika ponsel Android Anda terus freeze, tidak mau merespons atau tidak dapat dimatikan maka Anda berada di tempat yang tepat. Di sini rafidhcell akan menyarankan beberapa solusi umum dan terbukti untuk memperbaiki ponsel Android yang terus membeku(freeze) atau bahkan tidak dapat di matikan.

Penyebab ponsel Android Freeze dan Tidak Merespon?

Ada beberapa alasan mengapa iPhone, Android, atau smartphone lain mungkin mengalami freeze dan tidak merespon perintah. Penyebabnya mungkin prosesor yang lambat, memori yang tidak mencukupi, atau kurangnya ruang penyimpanan. Sekali lagi kesalahan atau masalah dengan perangkat lunak atau aplikasi tertentu, yang menyebabkan ponsel/smartphone Anda sering membeku. Seringkali, penyebabnya akan muncul dengan sendirinya dengan perbaikan yang terapkan. Di lain waktu, langkah pemecahan masalah dasar dapat memperbaiki masalah tanpa mengungkapkan penyebabnya.

Ponsel Android terus membeku atau bahkan tidak dapat dimatikan

Jadi jika Anda mengalami masalah serupa, berikut cara memperbaiki perangkat Android yang macet atau tidak mau merespons. Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara berikut ini:

Mulai ulang/reboot ponsel Anda

Solusi pertama yang dapat anda coba untuk mengatasi permasalahan smartphone android membeku dan tidak merespons dengan layar masih menyala adalah  Anda harus me-restart ponsel Anda.

Untuk merestart ponsel dalam keadaan freeze memang tidak bisa menggunakan perintah restart seperti ketika ponsel masih normal, Namun anda bisa melakukannya dengan cara menekan tombol power bersamaan dengan menekan tombol volume atas dan volume bawah. Tekan terus ketiga tombol tersebut sampai ponsel terasa bergetar. Dan setelah ponsel getar, segera lepaskan ketiga tombol tersebut, maka ponsel akan mulai booting lagi secara normal.

Periksa pembaruan System Android

Ketika ponsel sudah bisa di operasikan secara normal, Sangat penting bagi Anda mengunduh dan menginstal pembaruan OS terbaru untuk menjaga perangkat Anda tetap berjalan dengan baik. Pembaruan system dapat membawa peningkatan, memperkenalkan fitur baru, dan melindungi Anda dari ancaman keamanan terbaru. Ketika perangkat seluler Anda macet dan hang, pembaruan OS dapat menyelesaikan masalah.

Belum tahu bagaimana cara memeriksa dan menginstal pembaruan sistem? Ikuti langkah-langkah sederhana ini:
  • Buka  Pengaturan ponsel Anda.
  • Klik pada Sistem > Lanjutan > Pembaruan sistem/pembaruan perangkat lunak
  • Jika anda belum menemukannya, ketuk Tentang ponsel atau Tentang tablet terlebih dahulu. Atau Buka tentang telepon, di bagian atas Anda akan melihat opsi pembaruan sistem.
  • Status pembaruan Anda akan Terlihat dibagian layar .

Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan

Meskipun Android mengelola aplikasi memori selama penggunaan, ada saat-saat seperti ini di mana Anda mungkin ingin mencari pembaruan aplikasi atau memaksa aplikasi untuk berhenti. Langkah ini dapat membantu jika Anda mengamati aplikasi tertentu yang menyebabkan Android Anda mogok dan dimulai ulang. Anda juga harus menghentikan aplikasi yang tidak berguna bagi Anda, Anda juga dapat menginstalnya! Menutup aplikasi yang tidak berguna dapat membantu Anda memberikan kinerja yang lebih baik serta menyelesaikan masalah. Untuk tujuan itu cukup ikuti beberapa langkah sederhana,
Buka aplikasi Pengaturan ponsel Anda.
Ketuk Aplikasi & notifikasi > aplikasi. Jika perlu, ketuk Lihat semua aplikasi atau Info aplikasi.
Ketuk Paksa berhenti > Oke.

Sekarang mulai kembali dalam mode aman

Meskipun mengunduh dan menginstal aplikasi sering kali aman, ada saat-saat aplikasi menyebabkan masalah. Untuk mendeteksi apakah suatu aplikasi bertanggung jawab atas matinya dan boot ulang perangkat Anda, matikan aplikasi yang diunduh dengan memulai ulang perangkat Anda dalam Mode Aman.

Berikut cara menggunakan Safe Mode dengan perangkat smartphone Android: (Catatan: Langkah-langkahnya mungkin berbeda dengan produsen yang berbeda.)
  • Matikan perangkat Android Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Daya untuk memulai perangkat Anda.
  • Segera setelahnya, tekan dan tahan tombol Volume bawah hingga perangkat mulai masuk ke Safe Mode.
  • Perangkat Anda memulai ulang dalam Mode Aman dan tidak memuat aplikasi pihak ketiga apa pun.
  • Saat ini perangkat Android Anda mungkin sudah tidak freeze/hang.
  • Pemecahan masalah tingkat lanjut
  • Jika masalah masih terjadi, lakukan pemecahan masalah lanjutan Pertimbangkan untuk mengatur ulang telepon Anda ke pengaturan pabrik. (Setel ulang telepon Anda ke pengaturan pabrik)

PENTING: Reset data pabrik akan menghapus semua data dari ponsel Anda. Meskipun data apa pun yang disimpan di Akun Google Anda akan dipulihkan, semua aplikasi dan data terkaitnya akan dicopot pemasangannya. Sebelum Anda melakukan reset data pabrik, kami sarankan untuk mencadangkan ponsel Anda.

Jika masalah berlanjut saat dalam Mode Aman, pertimbangkan pemecahan masalah lanjutan. Ini terdiri dari mengatur ulang telepon Anda ke pengaturan pabriknya. Harap dicatat ini adalah pilihan terakhir jika semua opsi lain gagal. Karena proses ini akan menghapus semua aplikasi dan data dari Android Anda, penting bagi Anda untuk mencadangkan perangkat Anda.
Untuk reset pabrik Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, Buka pengaturan gulir ke bawah dan klik akun dan opsi sinkronisasi maka Anda akan melihat akun Google Anda klik itu lalu klik ikon lainnya dan hapus akun Google Anda.
Kemudian kembali ke pengaturan, klik tentang telepon, lalu pilih ikon cadangan dan setel ulang setelah itu Anda akan melihat nama ikon hapus semua data (reset data pabrik) klik itu, ketik kata sandi apa saja (jika ada). Dan kemudian perangkat Android Anda secara otomatis mengatur ulang ponsel Anda ke default pabrik.

Catatan: Jika aplikasi yang Anda unduh menyebabkan masalah dan Anda menginstal ulang aplikasi itu, masalahnya bisa kembali lagi.

Reset pabrik dapat dikatakan sebagai upaya terakhir atau opsi terakhir, dengan demikian masalah tersebut harus diselesaikan, Tetapi jika ada beberapa masalah perangkat keras seperti IC (Integrated circuit, adalah chip kecil yang dapat berfungsi sebagai penguat, osilator , timer, mikroprosesor, atau bahkan memori komputer) atau prosesor yang sangat lambat maka masalahnya mungkin kembali untuk tujuan itu Anda harus pergi ke tangan ahli yaitu, pusat layanan atau bengkel smartphone, mereka dapat membantu Anda menemukan masalah apa yang Anda keluhkan.

Demikian tadi tips yang bisa rafidhcell sampaikan.Jika masalah Anda telah terpecahkan, beri tahu kami dari solusi mana yang Anda lakukan dan kami akan senang mendengarnya dari Anda!
M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Ponsel Android Hang, layar Macet dan Tidak Respon? Mari kita perbaiki masalahnya"