Statistiche web Tips Mengatasi Hp Android yang Lemot Tanpa Aplikasi Tambahan - RAFIDHCELL
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Hp Android yang Lemot Tanpa Aplikasi Tambahan

Tips Mengatasi Hp Android yang Lemot

Smartphone atau ponsel yang lemot bisa membuat penggunanya tidak nyaman dan bisa menghambat aktivitas di perangkat yang dimilikinya. Hal ini memang wajar bagi sebagian pengguna smartphone, baik pengguna smartphone murah ataupun yang mahal.

Hp( HP) Android ataupun dikenal pula dengan istilah smartphone umumnya akan mengalami penurunan performa bila telah bertahun- tahun digunakan. 

Namun jangan khawatir, disini kami akan menyajikan beberapa solusi yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kinerja ponsel atau smartphone Anda, terutama yang menggunakan sistem operasi Android.Dan disini rafidhcell akan mencoba membagikan tips, yang dapat anda gunakan untuk meringankan kinerja ponsel kesayangan anda.

Berikut beberapa tips mengatasi Smartphone Android lemot yang bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah:

1. Identifikasi masalahnya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah dengan prosesor Android Anda.

Salah satunya dengan mendownload aplikasi Trepn Profiler. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengetahui sumber masalah yang ada pada ponsel Anda, seperti beban pada CPU lengkap dengan deskripsi waktu, gambaran umum jaringan yang digunakan untuk data dan Wi-Fi, beban GPU, Penggunaan RAM dan banyak lagi.

Melalui aplikasi ini Anda juga dapat membuat profil khusus yang berisi berbagai metode untuk menampilkan data yang dikumpulkan.

Pengguna juga bisa menaruh informasi profil yang dianalisis secara offline, serta mempunyai informasi kinerja aplikasi yang sedang berjalan.

Setelah mengetahui hasil identifikasi, pengguna bisa melanjutkan ke pemecahan masalah berikutnya.

2. Kosongkan ruang penyimpanan

Semua foto dan video yang Anda ambil dan simpan, serta terlalu banyak aplikasi tambahan yang diinstal dapat membuat ponsel Anda lemot. Disarankan untuk memberikan lebih banyak ruang agar smartphone dapat berjalan dengan lancar.

Jika penyimpanan hampir habis, tidak jarang ponsel berjalan lambat. Untuk mengosongkan ruang penyimpanan, anda bisa buka pengaturan, kemudian pilih menu penyimpanan. Melalui menu ini pengguna dapat melihat berapa banyak ruang yang digunakan file atau aplikasi.

Pada beberapa smartphone, menghapus file ini tidak lagi memerlukan penggunaan pihak ketiga atau aplikasi lain.

Pada pengguna Samsung, Anda dapat menggunakan opsi bernama "Bersihkan Sekarang". Fitur ini dapat menghapus file dan cache aplikasi yang tidak diperlukan.

Banyak aplikasi yang menggunakan cache data untuk mempercepat operasi. Hal ini efektif untuk mengoperasikan aplikasi, namun selain itu cache juga dapat memakan ruang penyimpanan, hal inilah yang menyebabkan memori internal perangkat menjadi cepat penuh.

3. Nonaktifkan animasi dan tema

Anda mungkin menemukan bahwa terdapat bermacam animasi serta tema yang diterapkan pada sebagian smartphone. Ini bisa jadi kelihatan bagus, namun bisa memperlambat operasi Android Kamu.

Cek di halaman lain buat melihat apakah terdapat metode buat menonaktifkan salah satu tambahan yang tidak perlu Kamu gunakan.

Fitur yang ditawarkan oleh launcher dapat memperlambat Smartphone Kamu. 

4. Tutup aplikasi dan kosongkan RAM

Penggunaan aplikasi multitasking dapat memudahkan pengguna untuk beralih ke aplikasi yang berbeda dengan cepat, tanpa harus membuka aplikasi lagi dari awal.

Namun hal ini tentunya bisa berdampak pada kinerja smartphone Anda. Disarankan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi agar tidak membuat RAM bekerja keras dari yang seharusnya.

5. Jangan pasang Aplikasi pembersih ruang

Meski terkesan membantu, namun menginstal aplikasi yang bertugas membersihkan ruang dianggap menjadi faktor lambatnya smartphone.

Penggunaan pihak ketiga untuk membersihkan ruang penyimpanan diklaim untuk kinerja prosesor cloud di Android, seperti aplikasi Clean Master. Meski aplikasi ini masuk dalam 4 aplikasi teratas di Google Play, namun penggunaannya tetap dipertanyakan.

Perangkat lunak Android sudah mampu mengelola RAM mereka sendiri secara efisien. Disini kami menyarankan untuk anda, agar  menggunakan pembersih yang sudah ada di Android masing-masing, karena tanpa aplikasi tambahan, produsen smartphone sudah lebih dulu menyiapkan fitur pembersihan ruang yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone kalian.


6. Nyalakan ulang / Restart telepon

Pemulihan cepat dan sederhana saat ponsel Anda lambat adalah dengan memulai ulang atau memulai ulang ponsel Anda. Cara ini dapat membantu mengosongkan cache, menghentikan tugas yang tidak perlu, dan membuat semuanya berjalan lancar kembali.

Cukup tekan dan tahan tombol power, lalu pilih opsi Restart lalu tekan OK untuk menjalankan perintah.

7. Pastikan perangkat lunaknya versi terbaru

Jika pengguna ingin smartphone tetap berjalan dengan lancar, disarankan untuk memperbarui semua aplikasi dan perangkat lunak yang diminta untuk diperbarui.

Beberapa aplikasi biasanya memberi tahu Anda kapan saatnya memperbarui aplikasi tersebut.

Hal ini dianggap sebagai cara yang optimal, karena tidak hanya pembaruan fitur tetapi juga berisi perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang secara signifikan dapat mempercepat pengoperasian perangkat yang anda gunakan.

8. Lakukan Hardreset / Kembali ke pengaturan pabrik

Ini adalah pilihan terakhir jika semua metode tidak berpengaruh pada kinerja Android. Namun dengan cara ini semua data di hp akan hilang.

Disarankan untuk melakukan pencadangan data di ponsel ke komputer atau laptop Anda, atau bisa juga mem-backup ke flashdisk atau penyimpanan eksternal lainnya.

Reset pabrik dapat mengembalikan ponsel ke keadaan semula saat ponsel Anda baru saja dihidupkan dari pabrik. Diklaim mampu membersihkan data yang tidak jelas dari aplikasi sisa dan kode buggy yang dapat menghambat kinerja.

Itulah tadi beberapa tips untuk mengatasi Android lemot, cara-cara tersebut bisa coba anda terapkan untuk meringankan beban kinerja ponsel agar tidak bekerja lebih keras saat dioperasikan.

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Hp Android yang Lemot Tanpa Aplikasi Tambahan"