Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Android 12: Semua yang perlu Anda ketahui

Android 12
Android 12

Rafidh Cell
- Versi terbaru dari sistem operasi andalan Google, Android 12, secara resmi digunakan untuk semua ponsel Pixel yang didukung, dimulai dengan Google Pixel 3, dan dikirimkan langsung untuk Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Android 12 dikonfirmasi comeback di Google IO 2021 pada bulan Juni, menampilkan tampilan yang diperbarui dan fitur yang lebih fokus pada privasi dan juga inter-aktivitas.

Kami telah  melihat  mereka mulai  merilis versi  beta untuk di pamerkan ke publik,  sebagian besar pemberitahuan tentang fitur  yang diperbarui, diantaranya dukungan tangkapan layar yang lebih baik, mode satu tangan, dan banyak lagi.

Dan setelah acara peluncuran Pixel 6, Google meluncurkan pembaruan perangkat lunak, dan sekarang tersedia untuk ponsel Pixel lama , meskipun perusahaan belum mengonfirmasi ponsel mana yang kompatibel,namun kami menduga Pixel 3 mungkin ponsel tertua yang akan mendapatkan pembaruan tersebut. karena itu adalah ambang batas untuk Android 12 versi  beta.

 Android 12 Kapan Rilis?

Google merilis Android 12 ke Android Open Source Project (AOSP) pada 4 Oktober 2021, dengan rilis konsumen segera setelahnya untuk semua perangkat Pixel yang memenuhi syarat, termasuk Pixel 3, 3a, 4, 4a, 5, dan 5a, pada 19 Oktober. Perlu juga dicatat bahwa Pixel 3 dan Pixel 3a tidak diharapkan untuk mendapatkan Android 12L (lebih lanjut tentang Android 12L nanti dibagian akhir), sedangkan Pixel 4 dan yang lebih baru akan segera menyusul.

Masih harus dilihat kapan pembaruan akan dirasakan vendor lain. Oppo sendiri telah mengumumkan ColorOS 12, sistem operasi berbasis Android 12, dan pengujian beta mulai dilaksanakan pada 11 Oktober. Sedangkan untuk pengguna Samsung, One UI 4 sudah dalam tahap pengujian beta. Tidak ada tanggal rilis final, tetapi kapan saja antara Desember dan Januari tampaknya masuk akal berdasarkan jadwal sebelumnya. Sejumlah produsen lain, dari Vivo hingga Asus bahkan Xiaomi, juga telah mulai menguji rilis Android 12. Anda dapat membaca artikel kami tentang jadwal rilis Android 12 untuk melihat kapan ponsel Anda diharapkan mendapatkannya.

Apa saja fitur baru di Android 12?

Apa Android 12 itu akan tergantung pada ponsel apa yang Anda miliki? Google menggembar-gemborkan perombakan Material You untuk jajaran ponsel Pixel-nya, sementara Samsung dan Oppo mengadopsi sentuhan yang lebih ringan dari ide dasar yang sama pada sistem operasi mereka. Apa yang tetap konsisten adalah bahwa ada peningkatan privasi di sana-sini, dengan sakelar baru untuk mematikan mikrofon dan kamera Anda saat diperlukan, dasbor privasi untuk melihat aplikasi apa yang meminta izin mana, dan banyak perubahan di bawah kap untuk membuat ponsel Anda lebih baik. keseluruhan.

Berikut ini fitur baru yang ditawarkan oleh Android 12

Penyegaran desain

Dengan mudah, perubahan terbesar pada Android 12 hadir dalam bentuk penyegaran desain. Tombol lebih besar dan lebih berani, semuanya memiliki sudut yang besar dan membulat, dan Google tidak terlalu peduli dengan penggunaan lebih banyak ruang di layar. Android 12, tampaknya, lebih tentang menggunakan ruang dengan cerdas daripada mencoba mengemas lebih banyak barang ke dalamnya.

Ikon yang lebih besar ini tampaknya berlaku untuk hampir semua aspek Android 12. Semuanya kurang lebih berfungsi sama, tetapi opsi menu Pengaturan, panel Pengaturan Cepat, bilah geser, dan sebagainya semuanya jauh lebih besar, lebih berani, dan lebih berwarna. Bahkan layar kunci telah mendapatkan perawatan — ketika tidak ada notifikasi, jam mengambil sebagian besar tampilan, dan bahkan dengan notifikasi, cukup besar untuk dilihat sekilas dengan mudah.

Ada tweak yang lebih kecil untuk animasi dan gerakan di Android 12. Misalnya, saat Anda menekan tombol daya, ada animasi yang menerangi tampilan dari tombol itu sendiri. Saat Anda mencolokkan pengisi daya, animasi lain akan diputar. Ini adalah pengambilan yang sangat animasi, sangat menyenangkan secara visual pada sistem operasi seluler.

Materi Anda

Di samping penyegaran desain adalah opsi tema baru yang disebut Google "Material You," yang pada dasarnya mengambil isyarat skema warna dari wallpaper Anda. Ini termasuk warna primer dan apa yang disebut Google sebagai warna "pelengkap". Tema ini sebenarnya ada di seluruh sistem, dan bahkan pengembang pihak ketiga dapat menghubungkan aplikasi mereka ke dalamnya untuk membuat tampilan yang lebih terpadu. Misalnya, jika Anda menggunakan wallpaper hijau, harap ponsel Anda dinaungi oleh warna hijau. Jika Anda memiliki wallpaper hijau atau kuning, Anda dapat memilih mana yang dipilih oleh sistem tema untuk memberi aksen pada ponsel Anda. Google telah mengambil opsi penyesuaian lain dari versi Android Pixel sebagai hasilnya. Sebelumnya, pengguna memiliki opsi untuk mengubah bentuk font atau ikon, tetapi tidak lagi karena sistem tema yang baru.


Material You juga berfungsi di aplikasi, dengan Google memperbarui aplikasi seperti Jam, Kamera, dan Kalkulator dengan estetika Material You sebelum rilis Android 12.

Materi You mungkin menjadi bagian terbesar dari Android 12, tetapi Anda tidak akan melihatnya di luar Google Pixels untuk sebagian besar. Samsung dan Oppo memiliki tema warna berbasis wallpaper mereka sendiri, tetapi tidak melampaui sedikit antarmuka sistem dan aplikasi mereka sendiri yang disertakan - yang berarti aplikasi Google juga mempertahankan warna "Material Biru". Google telah dimuka dan mengatakan bahwa estetika akan terbatas pada Pixel pada awalnya, dengan beberapa kesimpulan dari perubahan kode bahwa Material Anda akan masuk ke Android dengan Android 12L (lebih lanjut tentang itu di bawah).

Bayangan notifikasi yang dirubah

Sebagai bagian dari penyegaran desain yang serba baru, Google telah memindahkan beberapa aspek Android dan seperti tradisi di Android, bayangan pemberitahuan mendapat salah satu perubahan terbesar. Pengaturan Cepat, misalnya, semakin mudah diakses, Anda akan dapat mengaktifkan empat Pengaturan Cepat yang paling sering digunakan pada sapuan pertama bayangan pemberitahuan, dalam bentuk tombol persegi panjang yang relatif besar. Kemudian, Anda tinggal menggesek lagi untuk mengakses semua Pengaturan Cepat Anda.

Menu Daya Android juga akan diluncurkan ke area Pengaturan Cepat baru ini. Itu berarti Anda akan dapat mengakses kontrol rumah pintar Anda dan dompet Google Pay dari menu Pengaturan Cepat sambil menahan tombol daya sebagai gantinya akan memicu Asisten Google. Dengan Kandidat Rilis Android 12, Google juga menambahkan pintasan ke kontrol rumah dan dompet Google Pay di kedua sisi layar kunci. Anda sekarang dapat mengakses salah satu dari keduanya tanpa perlu menggesek ke bawah di pusat notifikasi.

Perubahan kecil lainnya yang dilakukan Google adalah dengan Panel Internet baru untuk mengelola konektivitas Anda. Google mengatakan itu juga dimaksudkan untuk membantu pengguna memecahkan masalah dengan lebih mudah dan beralih antar penyedia lebih cepat, baik di Wi-Fi atau data seluler.

Pada catatan terkait, Anda dapat mengakses Kontrol Perangkat dan Dompet Akses Cepat dengan lebih mudah dengan pintasan layar kunci baru.

Kontrol privasi baru

Masyarakat umum menjadi sedikit lebih menyukai privasi, dan Android 12 menawarkan beberapa fitur untuk mereka yang sadar akan privasi. Yang paling menonjol dari ini adalah Dasbor Privasi baru, yang menunjukkan berbagai informasi tentang izin yang Anda berikan untuk setiap aplikasi, dan memungkinkan Anda untuk mencabut izin tertentu jika Anda mau. Anda juga akan mendapatkan informasi tentang penggunaan izin, termasuk garis waktu saat aplikasi mengakses lokasi Anda.

Berbicara tentang lokasi, ada lebih banyak izin lokasi di Android 12. Sekarang Anda dapat memberikan aplikasi "perkiraan" lokasi daripada lokasi tertentu, yang akan berguna untuk hal-hal seperti aplikasi cuaca.

Ada fitur lain seputar privasi juga. Seperti di iOS, sekarang ada indikator berwarna cerah ketika mikrofon, kamera, dan papan klip Anda diakses oleh aplikasi atau situs web, untuk sebagian besar mencegah penggunaan rahasia. Matikan baru di Pengaturan Cepat akan memungkinkan Anda mematikan kamera dan mikrofon untuk menjaga privasi. Mode penguncian memungkinkan Anda mengamankan perangkat dalam hitungan detik langsung dari layar kunci.

Google juga bekerja untuk membuat aspek lain dari data Anda lebih aman. Khususnya, Android 12 menyertakan Android Private Computer Core yang baru. Ini adalah bagian tersegmentasi dari Android yang menangani fitur seperti Balasan Cerdas, Teks Otomatis, dan fitur terkait AI lainnya yang berfokus pada data sensitif.

Kunci mobil digital

Apple mengumumkan Car Key tahun lalu sebagai cara bagi pelanggan untuk menggunakan ponsel mereka untuk membuka kunci mobil yang kompatibel. Sekarang, Google mengikutinya dengan Digital Car Key. Kunci Mobil Digital menggunakan pita ultra lebar untuk memungkinkan pengguna membuka kunci mobil mereka dengan ponsel masih di saku pengguna. Ada cadangan jika ponsel tidak mendukung ultra-wideband, fitur ini juga dapat bekerja melalui NFC.

Tentu saja, fitur ini membutuhkan kerja sama pembuat mobil, dan itu bisa memakan waktu lama. Sejauh ini, hanya BMW yang berkomitmen menggunakan Kunci Mobil Apple, dan BMW juga yang pertama mendukung Kunci Mobil Digital. Mudah-mudahan, adopsi oleh Google dan Apple akan memacu dukungan yang lebih luas dari pembuat mobil untuk fitur tersebut.

Remote TV Android

Jika Anda terhubung ke ekosistem Android, Anda dapat menggunakan perangkat Android TV bersama dengan ponsel Android Anda, dan Android 12 akhirnya menyertakan remote bawaan untuk Android TV. Fitur ini akan bekerja dengan Chromecast dengan Google TV, atau TV yang memiliki Android TV di dalamnya, dan menawarkan kontrol perangkat lunak dasar, akses ke Asisten Google, dan kontrol volume.

Sebelumnya, untuk menggunakan ponsel Anda sebagai remote untuk Android TV, Anda perlu menginstal aplikasi, dan Anda tidak perlu lagi melakukannya.

Integrasi yang lebih baik dengan Chrome OS

Anda sudah dapat menggunakan Berbagi Terdekat untuk berbagi gambar antara ponsel Android dan Chromebook, tetapi Google sedang berupaya menghilangkan sedikit gesekan dari proses tersebut. Menurut Google, Hub Telepon Chrome OS akan diperluas untuk menyertakan fitur baru untuk menampilkan foto di ponsel Android Anda tanpa perlu menunggu hingga foto-foto tersebut diunggah ke cloud. Fitur ini didukung oleh Wi-Fi Direct.

Tangkapan layar bergulir

Google menghadirkan fitur yang sebelumnya disebut-sebut oleh produsen ponsel Android pihak ketiga  menggulir tangkapan layar. Dengan Android 12, Android sekarang secara native mendukung tangkapan layar bergulir, memungkinkan Anda menampilkan lebih banyak konten dalam satu tangkapan layar. Jika Anda ingin menangkap utas tweet yang panjang, misalnya, Anda sekarang dapat melakukannya dengan tombol "tangkap lebih banyak" baru yang muncul saat Anda mengambil tangkapan layar.

Pencarian di perangkat

Google juga meningkatkan pencarian universal di Android 12. Sekarang, pengembang akan dapat mengindeks bagian dari aplikasi mereka sehingga bilah pencarian peluncur Pixel dapat menarik konten aplikasi saat pengguna mengetik istilah. Misalnya, mencari istilah "merah" memberi kami aplikasi apa pun yang dimulai dengan "merah", kontak yang namanya dimulai dengan "Merah", serta filter Snapchat untuk "topi merah". Ini akan menjadi jauh lebih baik di masa depan karena lebih banyak pengembang memperbarui aplikasi mereka untuk bekerja dengan Android 12, tetapi niat Google di sini mungkin untuk memberikan pengalaman yang mirip dengan pencarian sorotan iPhone dan tombol Semuanya Chrome OS.

Autorotasi lebih halus

Google juga meningkatkan fitur dasar ​​autorotate. Dengan Android 12, sistem operasi sekarang akan mencoba menggunakan wajah Anda untuk tetap berorientasi pada dirinya sendiri. Kasus penggunaan ini ditujukan untuk mereka yang menggunakan ponsel mereka di tempat tidur atau berbaring, dan Google mengatakan bahwa itu tidak akan menyimpan gambar apa pun yang diambil melalui metode ini karena akan menggunakan sistem "Private Compute Core" untuk menyimpan ini semua secara pribadi.

Download Game lebih cepat

Bermain game di perangkat Android akan menjadi jauh lebih cepat dengan fitur "play as you download" yang baru dari perusahaan. Diumumkan selama Konferensi Pengembang Google Games, gamer ponsel Android akan dapat memulai game saat sedang diunduh, sama seperti yang dapat Anda lakukan di beberapa konsol.

Kompatibilitas Android 12

Android 12 kemungkinan akan diluncurkan ke sebagian besar ponsel yang keluar dalam satu atau dua tahun terakhir, meskipun beberapa mungkin menunggu lama untuk itu. Ini dijamin untuk mencapai setiap handset Pixel modern, mungkin dari Pixel 3 dan seterusnya hingga Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang baru, mengingat model Pixel 3 dan 4a mendukung versi beta.

Berbicara tentang versi beta, kita dapat melihat daftar ponsel yang kompatibel untuk mendapatkan beberapa petunjuk tentang yang mungkin menjadi yang pertama untuk Android 12 yang telah selesai.

Yang Sudah Menggunakan Android 12 hp apa saja?

  • Pixel 6 dan Pixel 6 Pro Pixel 3 hingga Pixel 5 (termasuk ponsel seri XL dan A)
  • Samsung Galaxy Fold 5G Galaxy Z Flip Galaxy Note 10 Galaxy Note 10 Plus Galaxy S20 FE Galaxy S10 5G Galaxy S10 Galaxy S10 Plus Galaxy S10e Galaxy A52s 5G Galaxy A42 5G Galaxy Quantum2 Galaxy A51 5G Galaxy Tab S7 FE Galaxy Tab S7 FE 5G Galaxy A90 5G Galaxy Tab S6 Galaxy Tab S6 5G Galaxy Jump Galaxy Tab S6 Lite Galaxy Tab Active 3 Galaxy A32 Galaxy A31 Galaxy A12 Galaxy Buddy Galaxy Wide 5 Galaxy Tab A7 Galaxy Tab A7 Lite Juli 2022: Galaxy A21s Galaxy Xcover5 Galaxy M12
  • Xiaomi Mi 11 / 11 Ultra Xiaomi Mi 11i / 11X Pro Xiaomi 12 Pro 
  • Oppo F19 Oppo F19s Oppo A74 Oppo F17 Oppo A78 Oppo A53 Oppo A53s Oppo A16s.Oppo Find X3 Lite 5G Oppo Find X3 Neo 5G Oppo Find X2 Neo Oppo Find X2 Lite Oppo Reno5 5G Oppo Reno5 F Oppo Reno5 Lite Oppo Reno5 Z 5G Oppo Reno4 Pro 5G Oppo Reno4 5G Oppo Reno4 F Oppo Reno4 Lite Oppo Reno4 Z 5G Oppo Reno4 Pro Oppo Reno4Oppo Reno4 Mo Salah Edition Oppo Reno3 Pro 5G Oppo Reno3 Pro 5G Oppo Reno3 Pro Oppo Reno3 Oppo Reno5 A Oppo Reno10x Zoom Oppo F19 Pro Oppo F17 Pro Oppo A94 Oppo A94 5G Oppo A93 Oppo A54 5G Oppo A53s 5G
  • Pocophone X3 Pro
  • Asus Zenfone 8 dan 8 Flip Asus ROG Phone 5 Asus ROG Phone 5 Pro Asus ROG Phone 5 Ultimate Asus ROG Phone 3 Asus ROG Phone 3 Strix Asus ZenFone 7 Asus ZenFone 7 Pro
  • Nokia X20
  • OnePlus 9/9 Pro 10 Pro
  • ZTE Axon 30 Ultra (hanya model Cina)
  • Motorola Edge X30 
  • TCL 20 Pro 5G
  • Realme GT Realme 8 Pro  Realme X50 Pro 5G Realme 7 Pro Realme 8 Realme C25 Realme C25s. Realme X3 SuperZoom Realme 8 5G.
  • Vivo iQOO 7 Legenda
  • Sharp Aquos Sense 5G
  • Tecno Camon 17

Kami berharap semua ini akan mendapatkan rilis Android 12 final, dan kemungkinan cukup cepat (dengan ponsel Pixel mendapatkannya pada hari pertama). Handset utama terbaru seperti Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 juga pasti demikian, dan bahkan sebagian besar ponsel kelas bawah dan kurang populer mungkin akan melakukannya, dalam waktu dekat ini.

Google sendiri telah mengatakan bahwa perangkat dari Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi akan mendapatkan Android 12 tahun 2022 ini.

Dalam hal beta, perlu dicatat bahwa semua ponsel yang tercantum di atas selain ponsel Pixel menjalankan pratinjau pengembang, yang benar-benar hanya ditujukan untuk pengembang, dan kemungkinan akan jauh lebih tidak stabil daripada beta publik yang berjalan di Ponsel Pixel, jadi kami akan berpikir dua kali untuk mengunduhnya. Bahkan dalam versi beta publik, Anda dapat mengharapkan bug.

Android 12L

Sementara Android 12 terus diluncurkan ke lebih banyak ponsel Android, Google juga telah merilis Android 12L, tindak lanjut dari ponsel Pixel dari Pixel 3a dan yang lebih baru, dengan rencana untuk mencapai perangkat yang dapat dilipat dan tablet di akhir tahun. Fokus utama perusahaan dengan versi Android ini adalah untuk mengubah OS untuk antarmuka layar yang lebih besar (oleh karena itu penunjukan L). Penyelidikan mendalam ke masa lalu Android mengungkapkan bahwa upaya terbaru Google dengan ini ada di Android 3.0 Honeycomb, yang merupakan sejarah kuno pada saat ini. Sejak itu, Android umumnya hanya menjadi versi UI ponsel yang diledakkan saat digunakan pada tablet dan perangkat yang dapat dilipat. Ini bukan pengalaman yang dioptimalkan, dan sejak itu menahan tablet Android dalam hal kegunaan.

Google telah membawa perubahan ke Android dalam rilis ini, termasuk dock baru yang menyerupai antarmuka tablet Chrome OS, serta One UI Samsung dan iPadOS Apple. Layar kunci yang baru dioptimalkan, pusat notifikasi, dan aplikasi pengaturan mengisyaratkan perubahan lain yang dilakukan untuk menyesuaikan Android dengan layar dan perangkat lipat yang lebih besar. Google, dalam beberapa tahun terakhir, mendorong aplikasi Android untuk mempertimbangkan perangkat yang lebih besar, tetapi ini adalah pertama kalinya perusahaan memperbarui OS-nya dengan tujuan itu. Pengalaman Android 12L juga akan masuk ke Chromebook dalam bentuk pengoptimalan aplikasi.

Dengan perangkat yang dapat dilipat seperti Galaxy Z Fold 3 dan Surface Duo 2 mengambil pendekatan berbeda terhadap perangkat lunak yang dapat dilipat, ada baiknya Google turun tangan untuk menstandarisasi pengalaman dan memberikan dasar yang kuat untuk perangkat Android di masa mendatang. Android 12L juga akan turun ke lebih banyak ponsel Android sepanjang tahun. Perubahan di sana kemungkinan besar akan terjadi di bagian belakang, tetapi Google akan menambahkan Material You Dynamic Color ke AOSP dengan 12L, yang memungkinkan produsen ponsel Android lainnya menghadirkan dukungan tema warna yang sama dengan yang dimiliki Pixel Google ke perangkat mereka sendiri.

Demikian tadi pembahasan mengenai Android 12. Apa pendapat Anda tentang Android 12? Fitur apa yang paling Anda sukai, dan apa yang ingin Anda lihat selain fitur yang disebutkan di atas? Beri tahu kami di komentar di bawah ya!
M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Android 12: Semua yang perlu Anda ketahui"