Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Root Samsung Galaxy J7 PRo SM-J730F Android 6.0.1

Bismillah...,

Halo kawan Rafidhcell..,

Sudah tidak asing kan dengan kata root..? ya.., secara bahasa root itu artinya akar yang merupakan bagian dari sebuah pohon atau tanaman. Pohon terdiri dari daun, batang, dahan atau ranting, bunga, buah dan tentu nya juga akar. Begitupun pada Android juga terdiri dari beberapa bagian seperti recovery, userdata, kernel, system dll. Nah pada android ini yg berfungsi sebagai akar adalah system.

Pada pohon atau tanaman, untuk bisa menemukan akar tentu kita harus menggali tanah dulu. Begitupun pada android, untuk bisa mengakses system dibutuhkan kunci untuk membukanya. Itu dikarenakan secara default bagian system ini diproteksi menjadi read only yang artinya bagian system itu hanya bisa dibaca saja, tidak bisa kita ubah atau tulis.

Proses membuka kunci untuk bisa mengakses system ini lah yang biasa kita sebut dengan proses root. Jangan sampai salah ya.., karena dari pengalaman di daerah saya banyak sekali user yang salah arti mengenai istilah root ini. Sering kejadian user bilang nya mau nge root hp nya, setelah di root, si user malah masih nanya koq aplikasi nya masih disimpan di memory internal yah..? Ini user mau nge root apa mau swap penyimpanan aplikasi..?? hehe

Oke pada kesempatan kali ini kebetulan ada garapan Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730F dengan kasus kekunci jaringan. Untuk membuka jaringan tipe ini syarat nya hp harus di root terlebih dahulu.

Root Samsung Galaxy J7 PRo SM-J730F
Root Samsung Galaxy J7 PRo

Sebelum kita lakuka proses root, ada beberapa hal yg harus diperhatikan :

➤  Bakcup data penting jika ada

➤  Cek versi firmware dan OS androidnya, kebetulan hp yg saya garap ini versi nya

  • Versi firmware nya J730FXWU1AQF6
  • Versi OS Android 7.0 Nougat

➤  Pastikan FRP Off atau Oem Unlock nya di aktifkan di menu developer option

Metode root itu sendiri ada beberapa macam

Dengan software rooter baik versi pc ataupun versi apk seperti Kingoroot, Kingroot atau iRoot ( membutuhkan koneksi internet )

Dengan CF Auto Root, tinggal diflash lewat odin 

Dengan menginstal custom recovery seperti TWRP, CWM dll dan dilanjutkan dengan menginstall SuperSU.Zip lewat recovery mode

Pada hp yg saya garap ini kebetulan sudah support root nya dengan CF Auto Root dan sesuai dengan versi firmware ataupun versi OS hp nya. Silakan download bahan nya disini.

Berikut stpe by step nya :

  • Download & extract bahan2nya 
  • Buka software Odin 
  • Load file CF-Auto-Root-j7y17lte-j7y17ltexx-smj730f.tar.md5 pada bagian AP
  • HP ke posisi download mode ( pada posisi mati, tekan & tahan volume bawah + home kemudian tekan power on, lanjut tekan volume atas )
  • Klik START, tunggu sampai proses selesai
  • Setelah proses odin selesai, hp akan restart beberapa kali dan mungkin booting nya memakan waktu yg agak lama dari biasanya
  • Setelah hp berhasil booting sempurna atau bisa masuk menu, silahkan cek & pastikan sudah ada menu SuperSU. Untuk mengecek root nya berhasil bisa kita install aplikasi root checker atau secara manual kita cek melalui perintah adb :

adb shell

su

Di hp nanti akan muncul pop up aplikasi SuperSU meminta izin akses root, klik GRANT / IZINKAN, setelah diizinkan nanti di command prompt logo $ akan berubah menjadi logo # yg artinya sudah berhasil membuka akses root.

Demikian artikel untuk kali ini, semoga bermanfaat..,

M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Cara Root Samsung Galaxy J7 PRo SM-J730F Android 6.0.1"