Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Andromax E2 Plus B16C2G Mati Total Full Short





Kali ini rafidh cell akan membagikan tutorial untuk menangani handphone andromax e2 plus B16C2G yang mengalami mati total,di cas tidak ada tanda2 kehidupan sama sekali.Usut punya usut handphone ini sudah pernah dibawa ketempat service lain dan di vonis Ic Cas yang mengalami kerusakan dan mesti dilakukan pergantian pada Ic Cas tersebut,namun entah penyebabnya apa,si user memutuskan untuk meng"Cancel perbaikan hp nya.Dan pada akhirnya dibawalah hp tersebut ke rafidh cell.

Jujur untuk menangani handphone andromax e2 plus ini sebuah ironi ya,bagaimana tidak,handphone ini di pasaran harganya mungkin tinggal 200 ribuan,dan kalau benar yang rusak Ic Casnya,trus kita kasih tarif ongkosnya berapa,padahal untuk menangani kasus serupa dengan hp yang lebih kekinian,kerusakan Ic Cas bisa di patok dengan harga 350ribuan jika di rata2(tergantung type).Namun pada akhirnya handphone ini saya terima dan coba saya perbaiki,soal tarif belakangan lah yang penting cek dulu.

Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk menangani Andromax E2 Plus yang mati total

  1. Coba cas hpnya,cek output di kaki baterai,hasil nggak ada tegangan masuk sama sekali
  2. Ukur tegangan baterai ternyata masih normal 3,7V
  3. Coba nyalakan handphone dengan power suplly,langsung Jeglek(ini menandakan kalau hp kondisi Full short)
  4. Lanjut bongkar,Buka Casing kemudian buka kaleng2 penutup komponen pada board mesin
  5. Tembak kaki baterai menggunakan MBR Predator.alat inilah nanti yang akan mencari komponen mana yang mengalami konslet
  6. Setelah tembak dengan MBR Predator,board mesin terasa panas pada area Ic cas(letaknya ada di dekat konektor baterai dan ada kaleng penutupnya)
  7. Lanjut buka kaleng penutup menggunakan Blower,settingan Panas 4,5 dan Udara 3
  8. Setelah kaleng penutup terbuka,lanjut kita tembak lagi dengan MBR Predator.tapi setelah saya tembak dengan MBR Predator malah nggak panas lagi,tapi handphone masih short,tapi shortnya tidak full,jadi makin bingung kan saya.
  9. Coba ambil multiteter,cek satu per satu komponen area IC Cas dan Ic Power,di situ saya dapati banyak sekali kapsitor yang konslet.(Ada 2 kapasitor yang saya curigai sebagai tersangka,posisinya di dekat konektor baterai)kenapa saya bisa punya feeling kalau kapasitor ini tersangkanya,karena waktu saya cek pakai MBR kapasitor ini sedikit menghitam warnanya.

  10. Saya copot kedua kapasitor tersebut,dan saya cek ternyata benar,short sudah hilang dan handphone sudah bisa nyala.Namun untuk amannya saya ganti kedua kapasitor tersebut(walaupun aslinya yang short cm 1 kapasitor)
  11. Rangkai kembali handphone,kemudian coba saya cas sudah masuk dan mau nambah persentase baterainya
  12. DONE
Itulah tadi penanganan yang saya lakukan untuk menangani kasus andromax E2 Plus yang mati total.Semoga artikel ini bisa memberi sedikit gambaran untuk sobat yang mengalami kasus serupa.Tentunya beda kasus beda penanganan ya,dan cara ini belum tentu work juga untuk sobat rafidhcell.TRimakasih dan sampai ketemu lagi pada postingan selanjutnya


M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Mengatasi Andromax E2 Plus B16C2G Mati Total Full Short"