Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Masalah Charging Pada Ponsel Xiaomi Redmi 3 Ido

Redmi 3 ido Tidak Bisa di cas not charging

Proses charging pada ponsel pasti jadi bagian yang tidak terpisahkan ketika kita memakai smartphone. Pemakaian yang terus menerus serta beban berat kinerja ponsel yang multi tasking tentunya akan sangat cepat mengurangi kapasitas daya baterai, sehingga memaksa pengguna untuk sering men charging ponselnya .

  • Proses charging yang lama walaupun batre sudah terisi penuh. Walaupun pada ponsel nya sudah ada fitur pemutus kontak dengan charger ketika batre sudah terisi penuh, tapi pada kenyataan nya perilaku charging seperti ini banyak menyebabkan ponsel mengalami SDS / Sudden Death Syndrome. Ada yang rusak ic internal memory nya atau ada juga yang menyebabkan ponsel jadi konslet.
  • Kebiasaan charging menggunakan power bank..Kapan saja dan dimana saja kita bisa melakukan charging dengan power bank. Tapi pada kenyataan nya banyak juga kerusakan pada ponsel yang disebabkan keseringan charging menggunakan power bank.
  • Charging menggunakan charger, charger mobil ataupun power bank kualitas abal2.

Kebetulan ada masuk garapan ponsel Xiaomi Redmi 3 Ido dengan kerusakan pada charging yaitu indikator charging ada tapi daya batre tidak bertambah, atau ini biasa kita sebut juga sebagai fake charging. Menurut infromasi dari pemilik, kronologi kerusakan nya akibat ditinggal charging semalaman. Saya coba cek menggunakan usb ampere meter tidak ada konsumsi arus ketika charger dihubungkan. Langkah pertama kita ukur jalur charging pada konektor, jalur VBUS dan ground tidak ada masalah. Output VBUS juga ada keluar sebesar 5 volt ketika diukur. Kalau tersedia skematik nya sebetulnya analisa nya kita harus ukur enable, input dan output ic charger, tapi karena kebetulan untuk tipe ini belum ada skematik nya, maka dengan melihat dari kronologis dan pengecekan awal maka hasil analisa nya adalah tidak berfungsinya dengan baik IC Charger.

Ic charger pada redmi 3 Ido ini kode nya 358s 2166, suda banyak beredar di pasaran penjual sparepart. Kebetulan saya ada stok ic charger nya maka langsung saya lakukan penggantian ic charger. Setelah dilakukan penggantian ic charger, ketika ponsel dihubungkan dengan charger, usb ampere meter menunjukan angka konsumsi arus sebesar 0.6 - 1 A. Itu artinya proses charging sudah berjalan normal. Batre menunjukan sisa daya 2% dan setelah di charging selama kurang lebih 2 menit sudah menunjukan ada kenaikan daya menjadi 3%.
Pada praktek nya kasus fake charging ini solusi nya mungkin berbeda2, bisa saja hanya jalur yang bermasalah atau hal lain nya. Jadi lakukan analisa sebelum eksekusi.

M.Nurkholis
M.Nurkholis Selalu Berusaha untuk berbuat Baik Kepada siapapun, Meskipun kamu tahu orang itu tidak akan dapat membalas kebaikanmu"

Posting Komentar untuk "Mengatasi Masalah Charging Pada Ponsel Xiaomi Redmi 3 Ido"